Bacaan Doa Ayat Kursi

Kastolani
Doa Ayat Kursi beserta artinya penting dihafal Muslim karena banyak keutamaannya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan Doa Ayat Kursi dan artinya penting dihafal dan diamalkan Muslim. Doa Ayat Kursi memiliki keutamaan bagi yang rutin mengamalkannya. Doa Ayat Kursi ini dianjurkan dibaca selepas sholat fardhu atau wajib.

Dinamakan Ayat Kursi karena dalam ayat tersebut ada kalimat (kursi). Ayat Kursi terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 255. 

Sebetulnya ada beberapa nama lain selain Ayat Kursi, yaitu : A'zhomul ayaat, Sayyidatu Ayyil Qur'an, Afdholu ayyil Qur'an, Asyrofu Ayyil Qur'an.

Berikut doa Ayat Kursi beserta artinya:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255)

Keutamaan Doa Ayat Kursi 

Keutamaan doa Ayat Kursi sebagaimana yang disebutkan dalam hadis. Rasulullah SAW telah bersabda: "Man qara'a ayatal kursi dubura kulli sholati laisa bain wa bainal jannati illa ayyamuut".

Dari Abu Umamah yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca ayat Kursi sehabis setiap salat fardu, maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati".

Editor : Kastolani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network