Deretan Fakta Unik As Roma jadi Juara Liga Konferensi Eropa

Nanang Sulaeman
Deretan Fakta Unik As Roma jadi Juara Liga Konferensi Eropa (Foto: Instagram)

TERDAPAT berbagai fakta yang menarik terkait AS Roma raih juara dalam ajang bergengsi Liga Konferensi Eropa 2021-2022.

AS Roma ahirnya bisa menjuarai Liga Konferensi Eropa 2021-2022 setelah berhasil mengalahkan Feyenoord 1-0 dalam partai puncak di Air Albania Stadium, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB, lewat gol yg unggul Nicolo Zaniolo (32’).

Berkat kemenangan ini Roma pun mengukir beberapa fakta menarik usai menjuarai Liga Konferensi Eropa musim ini.

Berikut Fakta fakta unik As Roma Juara Liga Konferensi Eropa:

1. Nicolo Zaniolo Pemain Italia Termuda yang Cetak Gol di Final Kompetisi Eropa

Menurut laporan Opta Paolo, Zaniolo (22 tahun, 327 hari) adalah pemain Italia termuda yang mencetak gol di final kompetisi Eropa sejak Alessandro Del Piero (22 tahun, 200 hari) di final Liga Champions 1996-1997. Akan tetapi, gol dua pemain itu membuahkan hasil berbeda untuk timnya.

Gol tunggal Zanioli membuahkan gelar juara untuk Roma. Sementara itu, gol Del Piero tidak membawa Juventus menjadi juara pada waktu itu. Trofi Liga Champions justru menjadi milik Borussia Dortmund.

2. Jose Mourinho Ikuti Jejak Giovanni Trapattoni

Mourinho mengukir sejarah usai timnya juara Liga Konferensi Eropa 2021-2022. Menurut laporan Opta Joe, dia menjadi pelatih kedua yang mendapatkan lima trofi kompetisi Eropa setelah Giovanni Trapattoni.

Mourinho tercatat sudah mendapatkan dua Liga Champions, dua Liga Eropa, dan satu Liga Konferensi Eropa.

3. Jose Mourinho Pelatih Pertama yang sabet Juara dalam Kompetisi Eropa dengan Empat Tim Berbeda

Mourinho terbukti lihai untuk membawa timnya juara kompetisi Eropa. Menurut laporan Opta Joe, Mourinho Mourinho adalah pelatih pertama yang juara kompetisi Eropa dengan empat tim berbeda.

Dia menjadi juara kompetisi Eropa bersama FC Porto (Liga Eropa dan Liga Champions), Inter Milan (Liga Champions), Manchester United (Liga Eropa), dan Roma (Liga Konferensi Eropa). Mourinho membuktikan tajinya sebagai pelatih papan atas belum habis.

4. AS Roma Buka Puasa Gelar Eropa

Roma juara edisi perdana Liga Konferensi Eropa. Pencapaian ini memutus catatan buruk I Lupi di kompetisi Eropa. Menurut laporan Opta Paolo, Roma mendapatkan gelar juara Eropa pertamanya dalam sejarah mereka dan kompetisi internasional pertama sejak jadi yang terbaik di Inter-Cities Fairs Cup 1960-1961.

Meski finis keenam di Liga Italia musim ini, gelar juara Liga Konferensi Eropa jadi obat pelipur lara untuk pasukan Mourinho. Ini tentu menambah motivasi mereka untuk tampil lebih baik lagi pada musim 2022-2023

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network