Ini Pidato Soekarno mengenai Pancasila yang Mampu Gemparkan Dunia

Nanang Sulaeman
Pidato Soekarno mengenai Pancasila yang Mampu Gemparkan Dunia(Foto: iNews)

PANCASILA sebagai dasar negara Indonesia yang memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa telah digaungkan para tokoh bangsa sejak dulu. Soekarno adalah sosok yang tidak pernah absen memperkenalkan Pancasila kepada negara-negara lain. 

Berikut ini adalah tiga pidato Soekarno mengenai Pancasila dan ada yang sempat menggemparkan dunia dirangkum dari Okezone disampaikannya dalam berbagai forum dunia 

1. Sidang BPUPKI 1 Juni 1945

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) menggelar sidang pertamanya pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Di hari terakhir sidang itulah, Bung Karno menyampaikan pidatonya dan mengajukan rumusan Panca Sila.

Sebenarnya, pernyataan itu disampaikan Soekarno berdasarkan hasil sintesis berbagai pandangan yang sebelumnya sudah muncul. Sebab, dalam sidang BPUPKI hari-hari sebelumnya, puluhan tokoh mengutarakan pandangannya mengenai dasar negara yang kelak akan digunakan jika Indonesia merdeka.

2. Sidang Umum PBB 1960

To Build the World A New atau Membangun Dunia Kembali adalah pidato Bung Karno dalam Sidang Umum PBB 30 September 1960 yang cukup menggemparkan dunia. Melansir laman resmi Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dalam sidang ini Bung Karno mengutarakan konsep Pancasila yang merupakan inti peradaban di Indonesia.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network