get app
inews
Aa Read Next : Dilanda Kekeringan, Warga Desa Siremeng Terima Bantuan Air Bersih

Ngeri! Putusnya Pasokan Air Bersih Dunia Bisa Picu Perang Dunia

Senin, 20 Juni 2022 | 12:24 WIB
header img
Putusnya Pasokan Air Bersih Dunia Bisa Picu Perang Dunia (Foto: Okezone)

SWEDIA - Kurangnya keamanan air telah menyebabkan konflik di seluruh dunia dan para ahli memperingatkan bahwa pertengkaran ini dapat berkembang menjadi pemberontakan sipil besar-besaran dan bahkan perang nuklir.

Sekretaris Eksekutif Global Water Partnership (GWP), Dario Soto Abril, mengklaim bahwa ketahanan air harus menjadi masalah keamanan nasional.  Perubahan iklim membawa sejumlah kekhawatiran, tetapi masalah yang paling mendesak adalah pasokan air bersih.

“Jelas, kami selalu berbicara tentang keamanan air dalam hal memiliki akses yang cukup untuk mata pencaharian, untuk pembangunan ekonomi, dan pertanian dan ekosistem yang berkelanjutan, tetapi keamanan air adalah masalah penting keamanan nasional,” terangnya kepada Express.co.uk.

“Tidak memiliki ketahanan air menciptakan ketidakpastian ekonomi karena air terhubung dengan pertanian dan manufaktur. Jadi kekurangan air akan mengurangi asupan ekonomi negara di wilayah tersebut,” lanjutnya.

Dia memperingatkan bahwa kekurangan air bersih dapat menyebabkan "pemberontakan sipil yang akan menciptakan konflik di dalam negeri" dan memiliki dampak besar pada daerah berpenduduk sebagian besar.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut