Logo Network
Network

Parade Budaya, Ribuan Warga Pemalang Berebut Gunungan Mangga dan Hasil Bumi

Suryo Sukarno
.
Senin, 18 Oktober 2021 | 12:41 WIB
Parade Budaya, Ribuan Warga Pemalang Berebut Gunungan Mangga dan Hasil Bumi
Ribuan warga berebut gunungan buah mangga dan hasil bumi dalam acara Sedekah Bumi dan Parade Budaya di lokasi wisata Benowo Park kompleks makam Pangeran Benowo, Pemalang. (iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id Sedekah Bumi dan Parade Budaya di lokasi wisata Benowo Park kompleks makam Pangeran Benowo, Pemalang, Minggu (17/10/2021) berlangsung meriah. Sejumlah gunungan buah mangga dan hasil bumi yang disajikan dalam acara itu ludes diserbu warga.

Tanpa aba-aba, warga menyerbu gunungan berisi hasil bumi begitu selesai didoakan tokoh agama setempat. Ritual sedekah bumi yang dipusatkan di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Tradisi ini merupakan kegiatan budaya yang digelar turun temurun sebagai ungkapan rasa syukur agar diberikan panen melimpah ,desa yang makmur dan dijauhkan dari mara bahaya,” kata Kepala Desa Penggarit Taman Pemalang, Imam Wibowo.

Gunungan yang disajikan berisi berbagai hasil tanaman unggulan daerah ini yaitu mangga istana atau mangga alpukat. Selain itu juga gunungan sayuran, padi, ketela, jagung, sayuran serta aneka buah-buahan.  

Warga juga menyajikan  tumpeng berisi nasi uduk, ingkung ayam, berbagai lauk pauk khas kampung ini . Tempatnya juga unik yakni dari batang pisang yang dibuat kotak lalu diberi alas untuk membawa aneka makanan.

Sebelumnya, warga mengelilingi lokasi acara sambil berdoa bersama. Meski masih kondisi pandemi covid 19/ warga tetap menggelar acara ini karena berharap agar dengan tasyakuran ini bisa segera menghilangkan balak atau wabah penyakit.

Ribuan orang memadati lokasi acara. Mereka melihat dari dekat dan mengikuti prosesi acara gunungan berikut tumpeng  didoakan oleh tokoh adat dan juga ulama setempat.

Sementara, warga bergotong royong memberikan hasil bumi ,buah-buahan dan membawa tumpeng untuk dimakan dan dinikmati bersama. “Kegiatan ini untuk mengungkapkan rasa syukur juga berharap panen ke depan lebih baik lagi,” kata Erlina.

Sementara, parade budaya juga diramaikan dengan pentas musik tradisional gejog lesung. Musik yang sudah jarang dimainkan ini dilestarikan warga desa agar bisa tetap menjadi aset budaya dan aset wisata di daerah ini.

Warga senang ikut  berebut dan mendapatkan buah mangga, sayuran juga hasil bumi. Mereka berharap agar bisa mendapat berkah, panen juga melimpah dan selalu diberi rezeki berlimpah.

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " Ribuan Warga Berebut Gunungan Buah Mangga dan Hasil Bumi di Pemalang ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/ribuan-warga-berebut-gunungan-buah-mangga-dan-hasil-bumi-di-pemalang.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini