get app
inews
Aa Read Next : Warga Wiradesa Raih Hadiah Utama Mobil dari Bank Jateng

Warga di Tiga Desa Iuran Swadaya Gelar Sedekah Bumi

Selasa, 06 Juni 2023 | 09:11 WIB
header img
Bupati Pekalongan FAdia Arafiq mneyerahkan secara simbolis wayang kulit dalam salah satu acara sedekah bumi. Foto:Prokompim Kab.Pekalongan

KAJEN, iNewsPantura.id – Warga di tiga desa yaitu  Desa Gutomo (Kecamatan Karanganyar) dan Tanjung Kulon (Kajen) dan Desa Jagung (Kesesi), Kabupaten Pekalongan secara swadaya iuran untuk menggelar acara tradisi sedekah bumi atau legenonan.

Hal itu diapresiasi oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq yang menghadiri acara tersebut.“ Sedekah bumi adalah sebuah bentuk wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas segala rizki yang telah diberikan, dimana bumi yang kita pijak ini telah menghasilkan berbagai hasil bumi yang menjadi penghidupan kita, semoga dengan digelarnya sedekah bumi rezeki kita semakin melimpah dan masyarakat diberikan keberkahan dan keselamatan, ” ujar Fadia hari ini (6/6).

Fadia berpesan agar tradisi Legenonan dapat terus dilestarikan, karena tradisi ini dapat mempererat silaturahmi dan menambah kekompakan masyarakat. Fadia juga berharap apa yang disampaikan para dalang melalui cerita atau lakon wayang yang dipentaskan dapat menjadikan teladan dan tuntunan yang baik bagi masyarakat. 

Diungkapkan Fadia bahwa saat ini masih musim acara sedekah bumi, dan kebanyakan desa mengundang Bupati, namun tidak semua desa bisa dikunjunginya.  “ Biasanya saya sengaja cari desa yang jarang saya datangi, sambil saya ngecek jalan sambal ngecek semuanya barangkali ada yang harus saya perhatikan, namun untuk perbaikan jalan kabupaten harap bersabar karena masih banyak yang harus diperbaiki, tapi InsyaAllah sedikit demi sedikit akan kita perbaiki,” ungkap Fadia di depan masyarakat Desa Gutomo. 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut