get app
inews
Aa Read Next : 81 Jamaah Umroh Noor Alia Pekalongan Siap Berangkat Ke Tanah Suci

Mengenal Sejarah Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah

Senin, 04 Juli 2022 | 13:55 WIB
header img
Mengenal Sejarah Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah (Foto: Okezone)

MASJID Quba memiliki sejarah dan keistimewaan tersendiri bagi Umat Islam.  Nilai sejarah Masjid Quba sangat lekat dengan Nabi Muhammad S.A.W.. Sebab, masjid ini yang menjadi titik awal sejarah kemasjidan dalam Islam. DI Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid Quba ini merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,  pada tahun 1 Hijriyah di Quba, berada di tepi Kota Madinah. Biasanya  para jamaah haji atau umrah diperkenankan turun bus untuk mengabadikan momen.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Petugas Haji Indonesia asal Aceh di Sektor 3 Madinah Muhammad Nasril melaporkan bahwa Masjid Quba memiliki pesona keindahan serta nilai sejarah yang penting dalam tarikh Islam sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Masjid Quba menjadi titik awal sejarah kemasjidan dalam Islam. Ia berada di tepi Kota Madinah di kawasan perkampungan yang dinamai Quba, sekira 5 kilometer di arah selatan Masjid Nabawi.

Kalau dalam bahasa Aceh berarti saya bawa. Hal ini sesuai dengan sejarah di mana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membangunnya setelah tiba dari perjalanan hijrah dari Kota Makkah.

Dalam Alquran disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketakwaan Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At-Taubah [9]: 108)

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut