get app
inews
Aa Read Next : Tidak Jadi Gabung EAFF, Timnas Indonesia tetap  di AFF

Sederet Juara EAFF Football Championship Jika Timnas Indonesia Gabung EAFF

Jum'at, 15 Juli 2022 | 10:46 WIB
header img
Sederet Juara EAFF Football Championship, Jika Timnas Indonesia Gabung EAFF (Foto:Instagram PSSI)

PSSI mendapat desakan dari netizen Indonesia untuk keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), imbas adanya dugaan praktik sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022, berikut daftar juara EAFF Football Championship, turnamen yang diikuti Timnas Indonesia jika gabung Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

Tak sekadar meminta PSSI mundur dari AFF, mereka juga memberi saran. Pencinta sepakbola Tanah Air meminta PSSI untuk pindah ke EAFF. Alasannya dengan pindah ke EAFF, level Timnas Indonesia akan terdongkrak karena rutin bentrok dengan tim-tim kuat Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

Timnas Korea Selatan

(Timnas Korea Selatan, tim paling sering juara EAFF Football Championship)

EAFF sendiri merupakan federasi sepakbola yang berdiri pada 28 Mei 2002. Awalnya ada sembilan negara yang menjadi pendiri EAFF. Mereka ialah Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Hong Kong, Taiwan, Guam, Mongolia dan Makau.

Kemudian pada 2008, bergabung Kepulauan Mariana Utara, negara yang sebenarnya belum terafilisasi dengan FIFA. Alhasil, saat ini ada 10 negara anggota EAFF.

Sama seperti AFF, EAFF juga mempunyai turnamen regional yang diberi nama EAFF Football Championship. Turnamen ini mulai digelar pada 2003 dan sudah delapan kali digelar.

Lantas, siapa saja tim yang pernah keluar sebagai juara? Korea Selatan menjadi raja turnamen ini dengan lima kali menjadi juara, yakni pada 2003, 2008, 2015, 2017 dan 2019.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut