get app
inews
Aa Read Next : 3 Tokoh Pahlawan Termasyhur pada Masa Kerajaan Islam Nusantara

Pahlawan Nasional ini Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan

Selasa, 19 Juli 2022 | 14:26 WIB
header img
Pahlawan Nasional ini Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Terdapat beberapa tokoh bangsa yang menyandang gelar Pahlawan Nasional dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, di antara mereka ada nama Bung Hatta, Mohammad Hatta, AR Baswedan, dan Buya Hamka.

Berikut ini profil singkat tiga tokoh tersebut dikutip dari Sindonews (19/7/2022):

3. Buya Hamka

Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Buya Hamka, lahir di Maninjau, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908.

Hamka merupakan putra pertama dari pasangan Abdul Karim Amrullah dan Shaffiah. Dikutip dari direktoratk2krs.kemsos.go.id, Hamka mempelajari agama dan mendalami Bahasa Arab di Sumatera Thawalib, Padang Panjang yang didirikan oleh ayahnya.

Hamka juga mengikuti pelajaran agama di surau dan masjid yang diberikan ulama terkenal seperti Syekh Ibrahim Muda, Ahmad Rasyid, Sutan Mansur, R.M. Surjopranoto, dan Ki Bagus Hadikusumo.

2. AR Baswedan

Abdurrahman Baswedan atau lebih dikenal publik dengan sebutan AR Baswedan, lahir di Kampung Ampel, Surabaya, Jawa Timur, 9 September 1908. AR Baswedan merupakan anak dari pasangan Awad Baswedan dan Aliyah binti Abdullah Jarhum.

Dikutip dari https://direktoratk2krs.kemsos.go.id, AR Baswedan terlibat dalam dunia pergerakan dengan mengusung cita-cita mewujudkan bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Pada masanya, dia menjadi juru dakwah Muhamadiyah dan juga aktif dalam Jong Islamieten Bond (JIB). Secara konsisten, AR Baswedan memperjuangkan integrasi keturunan Arab ke dalam bangsa Indonesia.

Perjuangannya dilakukan melalui dunia jurnalistik, yaitu dengan tulisan-tulisannya di berbagai surat kabar. AR Baswedan menyebarkan pemikirannya bahwa keturunan Arab mempunyai kewajiban yang sama untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. AR Baswedan juga merupakan anggota BPUPKI.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut