get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh Pemuda ini Rela Bertaruh Nyawa demi Kemerdekaan Indonesia

Kisah Perjuangan Kapten Pattimura dan Rakyat Maluku dalam Mengusir VOC

Jum'at, 08 Juli 2022 | 12:20 WIB
header img
Kisah Perjuangan Kapten Pattimura dan Rakyat Maluku dalam Mengusir VOC (Foto: Okezone)

DIRANGKUM dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022) saat masuk abad ke-17 dan 18, terjadi perlawanan bersenjata melawan Belanda (VOC). Perlawanan ini terjadi karena praktik penindasan kolonialisme Belanda dalam bentuk monopoli perdagangan, pelayaran hongi, kerja paksa, dan sebagainya. Dampak dari penindasan ini dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

Thomas Matulessy atau biasa dikenal sebagai Kapten Pattimura merupakan pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Maluku. Sebelum Pattimura melakukan perlawanan terhadap VOC ia pernah beranjak karir dalam militer sebagai mantan sersan Militer Inggris. Kemudian, namanya terkenal karena memimpin perlawanan rakyat Maluku melawan Belanda melalui perang Pattimura.

Rakyat Maluku mengalami perpecahan dan kemiskinan selama dua ratus tahun. Rakyat Maluku juga memproduksi pala dan cengkeh untuk pasar dunia. Namun masyarakat tidak memiliki keuntungan dari produksi tersebut.

Fase kedua pendudukan Inggris di Maluku pada 1810 - 1817 dan berakhir pada tanggal 25 Maret 1817 setelah Belanda menguasai Maluku. Rakyat Maluku tentu menolak kedatangan Belanda dengan membuat “Proklamasi Haria” dan “Keberatan Hatawano”. Proklamasi Haria ini disusun oleh Pattimura.

Pemerintah Belanda mulai memaksanakan kekuasaannya lewat Gubemur Van Middelkoop clan Residen Saparua Johannes Rudolf van der Berg. Setelah itu pecahlah perlawanan bersenjata dengan rakyat Maluku. Akhirnya diadakan musyawarah dimana di forum tersebut menyetujui mengangkat Pattimura sebagai kapten besar. Tepat di tanggal 7 Mei 1817 dalam rapat umum di Baileu negeri Haria, Thomas Matulessy atau Pattimura dikukuhkan dalam upacara adat sebagai “Kapitan Besar”.

Setelah menjadi kapten, Pattimura memilih beberapa orang yang membantunya, seperti Anthoni Rhebok, Philips Latimahina, Lucas Selano, Arong Lisapafy, Melchior Kesaulya dan Sarassa Sanaki, Martha Christina Tiahahu, dan Paulus Tiahahu. Pattimura bersama Philips Latumahina dan Lucas Selano melakukan penyerbuan ke benteng Duurstede.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut