get app
inews
Aa Read Next : 77 Tahun TNI, 4 Jenderal Ini Jadi Tokoh Penting Penjaga Kedaulatan Bangsa Indonesia

3 Tokoh Pahlawan Termasyhur pada Masa Kerajaan Islam Nusantara

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 09:33 WIB
header img
3 Tokoh Pahlawan Termasyhur pada Masa Kerajaan Islam Nusantara (foto: Sindonews)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Daerah Barus Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menjadi lokasi pertama masuknya Islam di Nusantara. Penyebaran agama Islam di Nusantara tidak lepas dari kegiatan perdagangan antarnegara yang telah terjadi sejak zaman kerajaan.

Sejak saat itu, penyebaran Islam pun semakin meluas hingga tersebar ke seluruh penjuru Nusantara. Selain menciptakan budaya baru, lahirnya Islam di Nusantara juga melahirkan sejumlah tokoh-tokoh terkenal.

Berikut adalah 3 tokoh pahlawan terkenal pada masa kerajaan Islam di Nusantara, dikutip dari Okezone:

3. Sultan Iskandar Muda 

Sultan Iskandar Muda adalah penguasa Kerajaan Aceh yang memerintah pada tahun 1607 hingga 1636. Dia merupakan putra dari pasangan Mansyur Syah dengan Paduka Syah Alam yang lahir pada 1593. Sultan Iskandar Muda telah menduduki takhta dalam usia yang sangat muda, yaitu di antara 18-19 tahun.

Di bawah kekuasaannya, Aceh berada di masa keemasan. Dia berhasil menyatukan bangsa-bangsa Melayu, mulai dari Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, hingga Jawa Barat. Selain itu, Aceh juga menjadi salah satu pusat perdagangan dunia, di mana rempah-rempah menjadi komoditas utama. Iskandar Muda mampu menjalankan negaranya dengan adil di bawah sistem qanun (UU dan peraturan Negara). Keberhasilannya dalam membangun kekuatan Aceh menjadikan Sultan Iskandar Muda diangkat sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden No 077/TK/1993.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut