get app
inews
Aa Read Next : Hasil Studi Virus Cacar Monyet Berpotensi Sebabkan Kerusakan Jantung

Makin Mengganas! Begini Cara Terhindar dari Wabah Cacar Monyet

Rabu, 03 Agustus 2022 | 11:03 WIB
header img
Makin Mengganas! Begini Cara Terhindar dari Wabah Cacar Monyet (Foto: Okezone)

MERESPON wabah cacar monyet yang tengah merebak di berbagai negara di dunia, Perhimpunan Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) membuat satgas cacar monyet sebagai bentuk nyata respons atas ditetapkannya penyakit infeksi satu ini sebagai darurat global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Satgas Monkeypox PB IDI dibentuk untuk memudahkan masyarakat awam bisa mengenali penyakit ini, dan sekaligus memberi rekomendasi bagi pemerintah agar meminimalisir masuknya cacar monyet ke Indonesia.

Seperti disampaikan Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, dr. Hanny Nilasari, SpKK, rekomendasi dari para ahli ini diharapkan bisa membantu masyarakat agar lebih tanggap menghadapi ancaman cacar monyet.

"Rekomendasi Satgas Monkeypox PB IDI ini diharapkan bisa menjadi perhatian bersama, khususnya bagi masyarakat agar terhindar dari cacar monyet," terang dr. Hanny dalam gelaran webinar PB IDI, baru-baru ini.

Lantas apa saja rekomendasi Satgas Monkeypox PB IDI, sebagai panduan masyarakat agar terhindar dari cacar monyet? Sebagaimana dijelaskan dr. Hanny, berikut uraian delapan panduan cara agar terhindar dari infeksi cacar monyet.

1. Mengurangi risiko penularan dengan selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan.

2. Hindari kontak langsung dengan hewan penular monkeypox yang diduga terinfeksi cacar monyet seperti hewan pengerat, marsupial, primata non-manusia (baik hewan mati maupun hidup).

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut