get app
inews
Aa Read Next : Pasukan Barisan Berani Mati Begitu Perkasa Usir Penjajah

Jadi Pusat Perbelanjaan Pertama di Indonesia, Sarinah Menyimpan Harta Karun Peninggalan Soekarno

Minggu, 07 Agustus 2022 | 07:28 WIB
header img
Jadi Pusat Perbelanjaan Pertama di Indonesia, Sarinah Menyimpan "Harta Karun" Peninggalan Soekarno (Foto: IDXChannel)

TAK HANYA sebagai pusat belanja, Sarinah menjadi salah satu cagar budaya. Peresmian Gedung Sarinah pada 1966 menandakan sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya peninggalan bersejarah zaman presiden Soekarno.

"Sarinah merupakan pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung kota Jakarta," tulis Erick Thohir menteri BUMN dalam postingannya di akun Instagramnya ketika kunjungannya ke gedung tersebut pekan lalu memamerkan relief tersebut.

Belum lama, Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat mengalami proses pemugaran. Berbagai sarana dan pembaruan gedung menjadikan Sarinah semakin menarik. Dalam proses pemugaran ditemukan bahwa gedung ini menyimpan 'harta karun' yang berusia setengah abad.

Terdapat relief yang awalnya berada di basement dan tertutup mesin pendingin gedung, kini diletakkan pada lokasi yang akan ramai dilalui pengunjung.

Relief ini menurut catatan beberapa ahli sejarah, dan seni rupa nasional, dibuat oleh kelompok seniman Yogyakarta pada masa konstruksi (1962-1966) yang menampilkan para penjaja dan pelapak yang melambangkan perjuangan rakyat kecil mencari nafkah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut