get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Sambut HUT RI Ke-77, 3 Rekomendasi Wisata Sejarah ini Cocok untuk Dikunjungi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:45 WIB
header img
Rekomendasi wisata sejarah yang jangan dilupakan ( Foto : Pinterest)

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, hampir seluruh masyarakat Indonesia memperingati dengan lomba-lomba dan rangkaian acara lainnya. Tetapi, kini wisata menjadi pilihan lain untuk memperingati kemerdekaan RI. Tentunya, mengunjungi destinasi wisata sejarah dibalik kemerdekaan RI adalah pilihan yang tepat.

 

Berikut kami rangkum tiga destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi untuk memperingati kemerdekaan RI dikutip dari Okezone, sabtu (13/08/2022).

 

1. Gedung Joang 45

 

Gedung Joang 45 atau yang dahulu dikenal dengan Gedung Menteng Raya 31 merupakan salah satu tempat bersejarah di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada masa kolonial Belanda, bangunan yang dibangun pada tahun 1938 ini digunakan oleh pemerintah Belanda sebagai hotel dengan nama Hotel Schomper I.

 

Kemudian, setelah Belanda menyerah pada Jepang pada 8 Maret 1942, bangunan ini diambil alih oleh Jepang dan diserahkan kepada Gunseikanbu Sendenbu (Jawatan Propaganda Jepang).

 

Atas izin Gunseikanbu Sendenbu, bangunan ini dijadikan sebagai tempat pendidikan politik sekaligus asrama pemuda Indonesia. Beberapa pemuda yang menempuh pendidikan politik di asrama ini misalnya Wikana, Chairul Saleh, Adam Malik, D.N. Aidit, dan sebagainya.

 

Pada awalnya, Jepang bermaksud untuk mendidik para pemuda tersebut untuk menjadi kader politik demi kepentingan Asia Timur Raya. Pendidikan politik tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para tokoh bangsa untuk menanamkan cita-cita kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan Jepang.

 

Pelajaran-pelajaran yang yang didapat dari asrama ini kemudian disebarluaskan kepada pemuda-pemuda di seluruh Indonesia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut