get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Kisah Proklamasi Kemerdekaan di Tugu Pensil Cirebon 15 Agustus 1945

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:13 WIB
header img
Tugu Pensil Cirebon (Foto: iNews)

TAHUKAH ANDA, dua hari sebelum pembacaan proklamasi oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945 di Jakarta Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pernah dibacakan di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sekelompok pejuang membacakan naskah proklamasi pada 15 Agustus 1945.

Lokasi tempat sekelompok pejuang itu membacakan proklamasi adalah Tugu Pensil atau Tugu Kejaksaan di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. 

 

Tempat ini menjadi saksi bisu pembacaan proklamasi yang disaksikan oleh 100 hingga 150 orang. Proklamasi dibacakan oleh dr Sudarsono, kepala Rumah Sakit Kesambi yang saat ini menjadi RSUD Gunung Jati Cirebon.

 

Pembacaan proklamasi lebih awal itu terjadi spontan. Berawal dari telegram Sutan Syahrir kepada dr Sudarsono yang berisi informasi bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu.

 

Inti telegram memerintahkan dr Sudarsono membacakan proklamasi di Tugu Kejaksaan. Perintah Syahrir itu karena dr Sudarsono dianggap mampu dan merupakan salah satu tokoh Cirebon.

 

Selain itu, Cirebon dipilih karena dianggap aman dari penjajah Jepang yang banyak berkumpul di kota besar setelah mereka menyerah kepada sekutu.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut