get app
inews
Aa
Read Next : Warga Wiradesa Raih Hadiah Utama Mobil dari Bank Jateng

Rayakan Hari Jadi ke-400 Kabupaten Pekalongan, Pemkab Gelar Kirab Budaya

Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:09 WIB
header img
Pemkab Pekalongan merayakan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-400 dengen menggelar kirab budaya . Foto:iNewsPantura

PEKALONGAN, iNews - Hari ini, 25 Agustus 2022 adalah Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-400. Untuk merayakan itu, Pemkab Pekalongan menggelar Kirab Budaya dari Pendapa lama di Kota Pekalongan hingga Pendapa yang sekarang di Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Kirab Budaya dimulai dari Ex Pendopo Kabupaten Pekalongan di Alun-alun Kota Pekalongan sekitar pukul 08.30 WIB. Kegiatan dimulai dengan penyerahan secara simbolis Bendera Pataka oleh Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj. Hindun kepada Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, kemudian dari Bupati diberikan ke Sekda Julian Akbar untuk dibawa menuju Alun Alun Kajen besama rombongan kereta berkuda.

Sebanyak 37 kereta kencana mengiringi kirab budaya termasuk yang dinaiki Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan Wakil Bupati Pekalongan Riswadi yang merupakan kereta kencana koleksi dari Kasunanan Surakarta.Rombongan menggunakan Pakaian Adat Jawa.
“Kirab ini merupakan rangkaian untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan dan 21 tahun pemindahan ibukota Kabupaten Pekalongan. Jadi, kirab ini adalah napak tilas pemerintah Kabupaten Pekalongan dari di kota, ke Kajen,” ujar Bupati Pekalongan Fadia Arafiq sebelum pemberangkatan.

Kirab itu membawa bendera Pataka Kabupaten Pekalongan, melewati dari Jalan Hayam Wuruk Kota Pekalongan, Jalan Gajah Mada, masuk ke Tirto, Wiradesa, Bojong, Wonopringgo, Karanganyar, hingga ke Kajen.“Kirab ini sesuatu yang unik dan memperingati 4 abad Kabupaten Pekalongan, Insya Allah di umur 4 abad ini Kabupaten Pekalongan tambah sukses dan maju,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, atas antusias dalam kirab budaya untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan.
“Harapan saya acara ini, setiap tahun kita bisa melaksanakan. Saya juga berpesan kepada masyarakat, semoga terus bekerjasama dan kompak untuk membangun Kabupaten Pekalongan,” tambahnya.

Wakil Bupati Pekalongan Riswadi menambahkan, kirab yang pertama kali digelar adalah napak tilas dalam rangka hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 4 abad. Dia
berharap kirab ini bisa mengingatkan kepada masyarakat pentingnya persatuan dan kesatuan .

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut