get app
inews
Aa Read Next : Hasil Semifinal Piala Dunia U-20 : Italia dan Uruguay Lolos ke Final!

Kisah Operasi Rahasia Intelijen Benny Moerdani, Beli Pesawat Bekas Skyhawk dari Israel

Senin, 29 Agustus 2022 | 15:29 WIB
header img
Kisah Operasi Rahasia Intelijen Benny Moerdani, Beli Pesawat Bekas Skyhawk dari Israel (Foto: Okezone)

JAKARTA - Membeli pesawat bekas A-4E Skyhawk dari Israel, Benny Moerdani merupakan sosok intelijen yang melakukan operasi rahasia yang pernah dia lakukan di Timur Tengah.

Operasi rahasia ini dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Tim yang ikut dalam misi ini pun harus siap mengorbankan nyawanya.

Benny melakukan operasi rahasia membeli 32 pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk milik Israel pada 1979. Nama sandinya Operasi Alpha, diambil dari huruf depan pesawat.

Operasi ini juga merupakan penugasan langsung dari Soeharto lantaran Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel, sehingga operasi ini dijalankan dengan sangat rahasia.

Benny Moerdani mengancam apabila misi super rahasia ini gagal, seluruh kewarganegaraan anggota yang ikut misi tersebut tidak akan diakui. Demikian dikutip dari buku Benny Moerdani yang Belum Terungkap.

Bekas Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Purna wirawan Ashadi Tjahjadi dalam bukunya, Loyalitas Tanpa Pamrih, menceritakan Benny mengancam tidak akan mengakui kewarganegaraan anggota pasukan yang ditugasi membawa pesawat itu jika misi gagal.

"Yang ragu-ragu silakan kembali sekarang," kata Ashadi dalam bukunya, mengutip ucapan Benny waktu itu.

Pembelian itu merepotkan intelijen Indonesia karena mesti mengirim tim, dari teknisi hingga pilot, tanpa terendus banyak pihak. Semua identitas prajurit yang dikirim ke Israel dibuang di laut Singapura.

Untuk menjaga kerahasiaan, mereka menyebut Israel dengan Arizona, negara bagian Amerika Serikat. Alamat korespondensi juga diarahkan ke Kantor Atase Pertahanan KBRI Washington.

Djoko Poerwoko, salah satu anggota tim, dalam otobiografinya Menari di Angkasa, mengisahkan bahwa awalnya mereka terbang ke Frankfurt menggunakan Lufthansa. Setelah beberapa kali ganti pesawat, mereka tiba di Bandara Ben Gurion, Tel Aviv.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut