Logo Network
Network

Belasan Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

Yunibar
.
Rabu, 17 November 2021 | 17:35 WIB
Belasan Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah
Belasan kapal yang bersandar di Pelabuhan Kota Tegal ludes terbakar, Rabu (17/11/2021) dini hari. (Foto: iNews TV/Yunibar)

TEGAL, iNews.id Belasan kapal yang berada di galangan kompleks Pelabuhan Kota Tegal, ludes terbakar, Rabu (17/11/2021) dini hari. Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian hingga miliaran rupiah.

Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan 14 kapal motor tersebut. Hingga Rabu pagi, kobaran api masih belum bisa dipadamkan  karena akses jalan sempit serta kapal yang saling berimpitan mengakibatkan api cepat menjalar .

Selain itu, akibat tiupan angin serta konstruksi kapal yang terbuat dari bahan mudah terbakar seperti kayu dan fiber mengakibatkan kobaran api cepat membesar.

Peristiwa kebakaran ini, pertama diketahui oleh warga sekitar jam 2 dini hari. Belum diketahui sumber api yang menyebabkan kebakaran ini. Letak kapal yang saling berimpitan menyebabkan api mudah menjalar ke kapal lainnya.

Sebelas unit mobil Damkar gabungan dari Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal dikerahkan untuk mengatasi kebakaran. Namun api belum bisa dipadamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa inin. Akibat kebakaran ini, kerugian materi ditaksir miliaran rupiah.

Menurut warga, kapal yang terbakar ini merupakan kapal yang tengah menunggu perbaikan serta antre pengisian bahan bakar minyak (BBM) “Api dari titik awal belum bisa diketahui karena terjadi 01.30 dini hari. Baru tersiar kabar lewat media sosial, penjaga hingga pemilik kapal mulai ramai-ramai berduyun,” kata Tambari Gustam, pemilik kapal.

“Alhamdulillah ada beberapa kapal yang masih bisa dievakuasi . Tapi ada beberapa kapal kurang lebih 8 sampai 14 kapal terbakar, karena akses jalannya sangat susah sehingga mobil pemadam kebakaran belum bisa menjinakkan api,” katanya.

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini