get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Bumbu Dapur ini Ampuh Kurangi Tekanan Darah Tinggi

Senin, 12 September 2022 | 13:08 WIB
header img
Bumbu Dapur ini Ampuh Kurangi Tekanan Darah Tinggi (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan berbagai penyakit ditubuh, salah satunya darah tinggi atau biasa disebut hipertensi. Penyakit darah tinggi juga berpotensi menimbulkan penyakit yang lainnya, seperti stroke dan serangan jantung.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," terangnya.

Tak heran bagi penyandang hipertensi terdapat beberapa pantangan, khususnya ketika memilih makanan. Namun ada beberapa herbal yang baik untuk Anda yang memiliki darah tinggi. Seperti dilansir dari laman Health Line.

1. Bawang putih 

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. 

Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut