get app
inews
Aa Read Next : 5 Akibat  Tidak Sikat Gigi di Malam Hari, Bisa kena Penyakit Jantung Hingga Demensia?

Benarkah Konsumsi Gula Berlebih jadi Pemicu Utama Penyakit Jantung? Begini Penjelasan Ahli

Selasa, 27 September 2022 | 11:54 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Pinterest)

Namun kondisinya bisa berbeda jika pada orang yang memiliki kondisi diabetes melitus. Orang dengan penyakit ini, diharuskan untuk membatasi asupan gula harian sesuai dengan anjuran dokter. Sebab, kelebihan asupan gula harian sangat memengaruhi kondisi kesehatan total.

"Ya, bagi mereka yang memiliki kondisi diabetes melitus, penggunaan gula (harian) harus sesuai dengan petunjuk dokter," tambahnya.

Sementara itu, apakah seseorang yang punya riwayat penyakit jantung harus membatasi asupan gula di bawah standar Kementerian Kesehatan? 

Dokter Radityo menyarankan, untuk orang yang memiliki riwayat penyakit jantung bisa mengikuti pedoman dari Kemenkes. Tapi jika punya penyakit penyerta lainnya seperti diabetes, maka asupan gula harian wajib mengikuti aturan dokter.

"Penggunaan gula tambahan secukupnya saja pada penderita gangguan jantung. Artinya, tetap ikuti anjuran Kemenkes untuk takaran asupan gula harian. Namun, beda cerita kalau si penderita memiliki komorbid diabetes, maka dia perlu membatasi asupan gula harian sesuai arahan dokter," pungkas dr Radityo.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut