get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pengiklan Berhenti, Pendapatan Twitter Anjlok 60 % Lebih

7 Kisah Sukses Pengusaha yang Memulai Bisnisnya di Usia Tua, Ada KFC dan Coca Cola

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 09:16 WIB
header img
Colonel Sanders, pendiri KFC yang memulai bisnisnya di usia tua. Foto:ISTIMEWA

JAKARTA, iNewsPantura.id - Tak ada yang bisa memastikan di usia berapa seseorang akan mencapai jalan suksesnya dan tidak sedikit perusahan yang dibangun oleh mereka yang usianya sudah tidak muda lagi. Berikut ini adalah 7 kisah sukses pengusaha yang memulai bisnisnya di usia tua.

1. Harland David Sanders
Pria yang akrab disapa Kolonel Sanders ini baru meraih kesuksesan di masa tuanya, dengan membuka gerai waralaba ayam goreng, Kentucky Fried Chicken (KFC). Pria kelahiran Indiana, Amerika Serikat (AS) ini memulai bisnis kuliner pada usia 65 tahun.

Pada 1939 Sanders menemukan cara untuk membuat ayam goreng menjadi lebih enak karena kesukaannya terhadap ayam goreng. Dia selalu memperbaharui resep ayam gorengnya hingga tercipta resep spesial dengan ‘sebelas bumbu rahasia’. Di usia yang sudah terlalu tua bagi kebanyakan orang, Sanders mencoba menjual resep ayam goreng ke rumah makan di wilayah Outta, AS. Meski mengalami penolakan hingga seribu kali, akhirnya resep ayam goreng Sanders disukai masyarakat AS. Dia baru merasakan sukses saat usianya menginjak 70 tahun, dimana gerai KFC-nya telah mencapai 200 tempat di AS dan Kanada.

2. Ray Kroc
Raymond Albert Kroc atau dikenal dengan Ray Kroc adalah pengusaha AS, pemilik restoran cepat saji McDonald's atau McD. Dia membuat restoran cepat saji ini menjadi waralaba yang mendunia. Pada usia 52 tahun, Kroc bertemu dengan dengan Maurice dan Richard McDonald, pemilik bisnis restoran yang menyediakan hidangan hamburger, kentang goreng, dan milkshake di California. Kroc yang tertarik dengan bisnis mereka kemudian membujuk untuk menjalankan bisnis dengan sistem waralaba dari restoran tersebut.

Awalnya McDonald bersaudara menolak, namun karena bisnis tersebut bangkrut, Kroc akhirnya membeli seluruh perusahaan McDonald senilai 2,7 juta dolar AS pada 1961 atau pada usianya ke-59 tahun. Dia pun sukses menjalankan bisnis tersebut hingga cabangnya tersebar di seluruh dunia.

3. Leo Goodwin Senior
Goodwin awalnya bekerja sebagai akuntan dan mencoba terjun ke industri asuransi sebagai pekerjaan sampingan. Pada usia sekitar 50-an tahun, dia mulai berpikir untuk menurunkan biaya asuransi jika bisa menemukan cara untuk menjual ke pelangan secara langsung.

Akhirnya, dia memulai Government Employee Insurance Company pada 1936. Sejak itu, perusahaannya berkembang menjadi yang sekarang dikenal sebagai Geico, salah satu perusahaan asuransi mobil terbesar di AS.

4. Momofuku Ando
Ando mengambil jurusan Ekonomi di Universitas Ritsumeikan. Setelah lulus, dia membuka perusahaan tekstil sendiri. Pada satu titik, dia ditangkap karena penggelapan pajak. Dia mengajukan kebangkrutan dan akhirnya kehilangan hampir semua kekayaannya. Kemudian, dari sedikit uang yang dikumpulkan, dia membeli Nissin, yang merupakan perusahaan kecil penghasil garam. Pada usia 50 tahun, Ando menyempurnakan idenya tentang mi dan ramen yang lebih murah. Ketika berusia 61 tahun, dia memperkenalkan cup noodles atau mi dalam gelas.

 5. Taikichiro Mori
 Pada usia 51 tahun, Mori tanpa pengalaman di bidang real estate nekat mendirikan Mori Building Company. Ternyata bisnisnya sukses dan dia dikenal sebagai salah satu pengusaha terkenal yang mendapatkan kekayaan luar biasa di bidang real estat. Menurut majalah Forbes, dia adalah orang terkaya di dunia pada 1991 dan 1992.

6. Arianna Huffington
Arianna Huffington adalah seorang jurnalis dan penulis yang mendirikan perusahaan media sendiri, The Huffington Post pada usia 54 tahun. Dia mendirikannya pada 2015 bersama dengan Kenneth Lerer, Jonah Peretti, dan Andrew Breitbart.

Pada 2011, The Huffington Post (sekarang dikenal sebagai HuffPost) dibeli oleh AOL seharga 315 juta dolar AS dan membuat Arianna mendapatkan 100 juta dolar AS karena memiliki 30 persen saham. Setelah diakuisisi oleh AOL, dia tetap bersama The Huffington Post, dengan menjadi presiden dan pemimpin redaksi hingga 2016. Sejak 2016, dia fokus pada usaha barunya, Thrive Global.

Perusahaan konsultan yang memiliki fokus pada kesejahteraan melalui solusi yang didukung sains ini masuk dalam daftar 50 perusahaan rintisan teratas dan sejak itu bekerja sama dengan Samsung dan SAP untuk mempromosikan program kesehatan karyawan.
7. John Pamberton
John Stith Pemberton adalah apoteker asal AS yang menciptakan Coca Cola. Awalnya Coca Cola adalah minuman obat. Dia melakukan eksperimen dengan menambahkan daun tanaman cola yang dicampur dengan gula, yang kemudian ditawarkan ke sejumlah toko obat. Dia kembali melakukan eksperimen hingga menemukan formula Coca Cola seperti minuman bersoda seperti saat ini. Formula tersebut baru ditemukan saat usianya 56 tahun. Setelah itu, lahirlah perusahaan bernama Coca Cola.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 7 Orang Sukses Bisnis di Usia Tua, Ada Pendiri KFC dan Pemilik McD ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/7-orang-sukses-bisnis-di-usia-tua-ada-pendiri-kfc-dan-pemilik-mcd/2.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut