Kisah Anggota Babinsa di Pekalongan yang Sukses Budidayakan Bibit Lele

Suryono Sukarno
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 08:21 WIB
Serka Bambang Susanto, anggota Babinsa Koramil 07/Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan yang sukses membudidayakan Lele. Foto:iNewsPantura.id/SURYONO SUKARNO

PEKALONGAN, iNewsPantura.id – Siapapun yang berusaha dengan sungguh-sungguh akan meikmati hasilnya. Itulah yang dibuktikan, Serka Bambang Susanto, anggota Babinsa Koramil 07/Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan yang sukses membudidayakan Lele.

Berawal dari mahal dan langkanya bibit ikan lele yang ada di wilayah Kecamatan Wonoringgo, Babinsa Koramil 07/Wonopringgo Serka Bambang Susantosa justru melihat itu sebagai sebagai sebuah peluang bisnis. Diapun kemudian membuka usaha pembibitan lele dan kini sukses membudidayakan bibit atau peminjahan ikan lele.

Dikatakan Serka Bambang, saat ini ia mampu menyediakan bibit ikan lele sekitar 50.000 ekor per bulannya yang dipasok di wilayah kabupaten Pekalongan.“Apa yang saya lakukan saat ini adalah dalam rangka mendukung ketahanan pangan dimana lele sudah merupakan kebutuhan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat terutama dikalangan menengah kebawah”, jelas Serka Bambang.

Selain langka dan mahalnya bibit, Serka Bambang juga mengaku awal mula menjalankan usaha peminjahan ikan lele tersebut dari kerabatnya pada tahun 2015 silam akhirnya ia mempunyai ide untuk mencobanya dengan memanfaatkan pekarangan depan rumahnya dan modal sekitar 10 juta rupiah.  

“Alhamdulillah sampai sekarang masih bisa bertahan dan dapat menambah penghasilan keluarga”, katanya.

Dalam menjalankan usahanya tersebut Serka Bambang dibantu oleh dua orang tenaga kerja yang merupakan tetangganya sehingga tidak mengganggu kegiatan dinasnya.

“Saya dibantu dua orang tenaga kerja, yang satu kerja mengurusi kolam dan satunya lagi bagian pemasaran atau melayani pembeli”, ujarnya.

 

Ditanya mengenai omset pejualan per bulan, saat ini dirinya mampu menjual sebanyak 50.000 ekor ikan lele dengan harga 100 hingga 110 rupiah per ekornya atau jika dinominalkan dengan uang sebesar 5 juta rupiah.

Dengan usahanya tersebut dirinya berharap akan bisa membantu para peternak ikan lele dalam memenuhi kebutuhan benihnya dan tentunya akan berimbas pada kesuksesan budidaya ikan lele.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini