get app
inews
Aa Read Next : Puisi Perjuangan Karya WS. Rendra

5 Tokoh Pemuda ini Rela Bertaruh Nyawa demi Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 07:04 WIB
header img
Jenderal Soedirman (Foto: Okezone)

1. Slamet Riyadi

Slamet Riyadi menjadi tokoh pemuda yang ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Riyadi lahir di Surakarta, Jawa Tengah 26 Juli 1927.

Ia menempuh pendidikannya di Akademi Pelaut di Jakarta pada tahun 1942, kemudian setelah lulus dirinya bekerja sebagai navigator di sebuah kapal. Perannya dalam kemerdekaan Indonesia dimulai saat Slamet nekat menerobos desingan peluru musuh di markas Kempetai, Solo Jawa Tengah.

Aksinya tersebut membuat Slamet Riyadi diangkat menjadi mayor oleh Menteri Pertahanan, yang saat itu dijabat oleh Mohammad Hatta. Slamet menduduki pangkat mayor saat usianya masih 19 tahun.

 

Setelah menerima pangkat mayor, ia mulai menghentikan aksi tentara Belanda pada Agresi Militer I di Salatiga sampai perang gerilya saat Agresi Militer II. Kemampuannya dalam memimpin pun dikagumi oleh pihak Belanda.

Lalu, ia dikirim untuk meredakan pemberontakan yang dilakukan Westerling dengan Angkatan Perang Ratu Adil. Dengan kemampuannya, Slamet Riyadi berhasil meredakan pasukan DI/TII. 

 

Artikel ini telah ditayangkan Okezone.com dengan judul "5 Tokoh Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Berani Menembus Desingan Peluru" Tim Litbang MPI , MNC Portal  Sabtu 29 Oktober 2022 06:14 WIB selengkapnya di https://nasional.okezone.com/read/2022/10/28/337/2696692/5-tokoh-pemuda-dalam-perjuangan-kemerdekaan-indonesia-berani-menembus-desingan-peluru?

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut