get app
inews
Aa Read Next : Harga Gandum Dunia Meroket, Begini Saran Jitu Ekonom ke Pemerintah

Negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia, Apa Saja Alasannya?

Senin, 31 Oktober 2022 | 22:23 WIB
header img
Rusia adalah ngara yang dilarang tampil di Piala Dunia 2022 karena invasi ke Ukraina. Foto: ist

3. Cile (Piala Dunia 1994)
Timnas Cile juga termasuk dari negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia pada Tahun 1994. Gara-gara ulah satu orang pemain, Timnas Cile menjadi korbannya. Pada 1989, kiper Cile, Roberto Rojas, melakukan akting luar biasa saat memperkuat timnya kontra Brasil.

Ia mengaku terluka karena terkena lemparan flare suporter Brasil. Padahal, ia jelas-jelas terluka karena menggunakan pisau tersembunyi yang disimpan di sarung tangannya. Akibat aksi tersebut, Cile dilarang tampil di Piala Dunia 1994.

4. Meksiko (Piala Dunia 1990)    

Selanjutnya Timnas Meksiko sebagai negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia. Setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1986, Meksiko dilarang mentas di Piala Dunia 1990. Penyebabnya karena Federasi Sepakbola Meksiko mengizinkan empat pemain yang usianya melebihi batas ditentukan, mentas di Piala Dunia Junior.

5. Afrika Selatan (Piala Dunia 1970-1990)
Timnas Afrika Selatan juga termasuk negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia. Afrika Selatan dilarang tampil di Piala Dunia dalam kurun 1970-1990. Penyebabnya karena politik apartheid (pemisahan berdasarkan warna kulit) yang ditetapkan pemerintah Afrika Selatan. Karena itu, FIFA tegas mencoret Afrika Selatan dari status keanggotaan pada 1976.

6. Jerman (Piala Dunia 1950)
Timnas Jerman adalah negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia Pada Tahun 1950. Jerman merupakan otak pecahnya Perang Dunia II. Karena itu, Jerman dilarang mentas di Piala Dunia 1950 yang digelar di Brasil. Namun, Jerman membalas itu semua dengan keluar sebagai juara Piala dunia 1954.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut