get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kelam Legenda Sepakbola Dunia: Abidal Kena Kanker, Carlos dan Veron dari Desa Miskin

Kisah Sukses Erick Thohir, Mulai Binis Kelas 3 SD hingga Beli Inter Milan dan Jadi Menteri BUMN

Selasa, 15 November 2022 | 11:12 WIB
header img
Erick Thohir saat menerima inews Award Tahun 2021 . Foto:iNews

JAKARTA, iNews.id - Sebelum jadi Menteri BUMN, Erick Thohir sudah dikenal sebagai pengusaha sukses dan mulai jadi sorotan luas setelah membeli klub raksasa Italia Inter Milan.

Kisah sukses Erick Thohir ternyata cukup panjang, dari mulai bisnis sejak kelas 3 SD , membeli klub raksasa Italia Inter Milan hingga jadi Menteri BUMN, berikut kisahnya yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Erick Thohir lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970 dari Mochamad Thohir atau yang dikenal dengan Teddy Thohir dan Edna Thohir. Teddy merupakan salah satu perintis Astra Group. Sementara sang ibu adalah seorang pedagang pakaian di Pasar Tebet.

Jiwa bisnis yang dimilikinya diturunkan dari orang tuanya. Erick mulai bisnis saat berusia 9 tahun ketika duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Saat itu, dia bersama tiga temannya membeli sekarung biji karet dari seorang bapak karena kasihan. Uang untuk membeli biji karet berasal dari tabungan mereka.

"Kita pecahin celengan, kumpulin uangnya. Kita main terus setiap hari. Hari keempat atau kelima, tangan pada sakit dan bosan," kata dia, dikutip dari Podcast Deddy Corbuzier.
Setelah itu, dia mengajak temannya untuk menjual sisa biji karet yang masih banyak. Hasilnya mereka untung, sebagian uangnya ditabung dan untuk membeli siomay.

Setelah lulus kuliah S1 dari Glendale University dan mendapat gelar master dari Universitas Nasional California, dia kembali ke Indonesia dan mendirikan Mahaka Grup bersama ketiga temannya, yakni Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana, dan Harry Zulnardy. PT Mahaka Media Tbk didirikan di Jakarta pada 1992 dengan nama PT Abdi Bangsa. Meski demikian, kesuksesannya menjadi seorang pengusaha tidak didapat dengan mudah. Dia juga sempat mengalami kegagalan. Bahkan, dia sempat melepas aset pribadi.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut