get app
inews
Aa Read Next : Semifinal Malam Ini: Pernah Bantai Argentina 3-0, Kroasia Tak Ciut Nyali

FIFA Rilis Bola yang Dipakai di Semifinal, Dilengkapi Teknologi Connected Ball

Senin, 12 Desember 2022 | 00:22 WIB
header img
FIFA rilis Al Hilm,bola yang akan dipakai dalam partai semifinal dan final Piala Dunia 2022.. Foto:FIFA

DOHA, iNewspantura.id – Menjelang Partai Semifinal Piala Dunia, FIFA merilis bola yang akan dipakai di semifinal Piala Dunia 2022. Bola tersebut  dilengkapi dengan teknologi connected ball yaitu Inovasi untuk memberikan data instan Video Match Official (VMO)

Bola yang akan digunakan di Semifinal dan final Piala Dunia 2022 tersebut diberi nama Al Hilm yang memiliki arti mimpi dalam bahasa Arab.

yang memiliki arti mimpi dalam bahasa Arab. Al Hilm memiliki warna dasar emas yang melambangkan sebuah gurun pasir yang mengelilingi Qatar. Selain itu, corak segitiga yang ada di bola tersebut semakin menguatkan identitas Qatar sebagai tuan rumah.

Al Hilm menggantikan peran bola Al Rihla digunakan sejak pertandingan pertama fase grup hingga perempat final di Piala Dunia 2022. Bola ini dibekali dengan teknologi terbaru yang lebih canggih dari Al Rihla. Hal tersebut dianggap sangat penting dalam sebuah pertandingan agar wasit bisa membuat keputusan yang paling tepat.

Salah satu teknologi baru yang akan disematkan ke dalam Al Hilm adalah ‘connected ball’, yang sebelumnya belum ada di Al Rihla. Inovasi tersebut akan memberikan data instan Video Match Official (VMO) yang akan dikombinasikan dengan data posisi pemain.

Dengan tambahan teknologi tersebut, keputusan yang akan diambil oleh wasit dalam sebuah pertandingan diyakini akan semakin presisi. Hal tersebut disampaikan Direktur Teknologi dan Inovasi Bola FIFA, Johannes Holzmuller.

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi penting tambahan tersedia untuk ofisial pertandingan video,” ungkap Johannes Holzmuller, dilansir dari laman resmi FIFA, Minggu (11/12/2022).

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut