Logo Network
Network

Minyak Dunia Turun, Harga Pertamax Mulai Hari Ini Turun Jadi Rp12.800

Muhammad Burhan
.
Selasa, 03 Januari 2023 | 11:38 WIB
Minyak Dunia Turun, Harga Pertamax Mulai Hari Ini Turun Jadi Rp12.800
Penurunan harga minyak dunia disikapi oleh Pertamina dengan menurunkan beberapa jenis harga Bahan Bakar Minyak (BBM) . Harga Pertamax salah satu yang turun mulai hari ini Pukul 14.00 menjadi Rp 12.850. Foto;iNews

JAKARTA, iNewsPantura.id - Penurunan harga minyak dunia disikapi oleh Pertamina dengan menurunkan beberapa jenis harga Bahan Bakar Minyak (BBM) . Harga Pertamax salah satu yang turun mulai hari ini Pukul 14.00 menjadi Rp 12.850.

Itu artinya ada penurunan harga BBM jenis Pertamax senilai Rp1.100/liter. Selain pertamax, BBM jenis lain yang mengalami penurunan adalah Pertamax Turbo dan juga Pertadex dan lainnya. Dexlite juga dikabarkan akan turun.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis bahan bakar umum (JBU) Pertamax akan turun dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter. Perubahan ini seiring dengan penurunan harga minyak dunia dari level 87 dolar AS menjadi 79 dolar AS. "Sekarang harga minyak dunia turun ke 79 dolar AS, karena itu sebelum tahun baru kita rapat tiga menteri ada Menkeu, Menteri ESDM dan saya, Ibu Nicke (Dirut Pertamina) diundang waktu itu, untuk memproyeksikan bagaimana harga BBM yang pasar, yang bukan dibantu pemerintah. Salah satu Pertamax, itu makanya diputuskan kemarin, harga nanti yang hari ini Rp13.900 itu menjadi Rp12.800," ujar Erick saat ditemui di SPBU milik Pertamina di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023), seperti yang dikutip iNews.id.  

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengungkapkan, penurunan harga Pertamax akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. "Nanti mulai jam 2 siang hari ini, harga Pertamax akan turun dari Rp13.900 ke Rp12.800," ucap Nicke.

Nicke menyebut, tidak hanya Pertamax, JBU lain juga turut mengalami penurunan. Namun, dia belum merinci seberapa besar penurunannya. "Demikian juga produk-produk seperti Pertamax Turbo dan juga Pertadex dan lainnya, Dexlite, ini akan juga turun, sesuai dengan formula yang sudah ditetapkan oleh ESDM," tuturnya.

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini