get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Ribu Pendaftar Ditolak MyPertamina, Ini Alasannya

Miliki Kapasitas 2.175,7 MW, Panas Bumi Indonesia Peringkat Dua Dunia

Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:22 WIB
header img
Miliki Kapasitas 2.175,7 MW, Panas Bumi Indonesia Peringkat Dua Dunia

JAKARTA, iNewsPantura.id - Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Indonesia memiliki support kapasitas panas bumi sebesar 2.175,7 MW atau 9 persen.  Jumlah itu terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat yang menduduki peringkat pertama.

Potensi listrik yang dihasilkan oleh geothermal ini dapat mencapai 24 GW, sehingga tidak menambah beban pemerintah terkait produksi listrik karena harganya yang kompetitif.

Salah satu perusahaan eksplorasi dan produksi geothermal, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO), mengambil peran penting dalam bisnis panas bumi. 

Corporate Secretary PGEO, Muhammad Baron, mengatakan pihaknya kini mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang beroperasi di enam area. 


Sebesar 672MW dioperasikan oleh PGEO dan sebesar 1.205 MW dikelola melalui Kontrak Operasi Bersama atau Joint Operation Contract (JOC). 

“Kapasitas produksi PGEO akan ditingkatkan lagi hingga 1.272MW pada 2027, sebagai salah satu penggunaan dana hasil IPO. Hingga saat ini PGE telah berhasil mengaliri 2,08 juta rumah di Indonesia,” ujar Baron dalam keterangan pers, Jumat (17/3/2023).

Sebagai salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero), lanjut Baron, PGEO memiliki rekam jejak kuat dalam mempertahankan operasi pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut