get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kelam Legenda Sepakbola Dunia: Abidal Kena Kanker, Carlos dan Veron dari Desa Miskin

Tekan WNI yang ke Luar Negeri, Jumlah Bandara Internasional Dipangkas!

Jum'at, 03 Februari 2023 | 13:18 WIB
header img
Demi menekan warga Negara Indonesia (WNI) yang bepergian ke luar negeri dan mendorong wisatawan asing ke dalam negeri, Pemerintah akan memangkas bandara

JAKARTA, iNewsPantura.id – Demi menekan warga Negara Indonesia (WNI) yang bepergian ke luar negeri dan mendorong wisatawan asing ke dalam negeri, Pemerintah akan memangkas jumlah bandara yang bestatus bandara internasional.

Saat ini, ada 33 bandara internasional di Indonesia. Sebagai pintu masuk, bandara internasional melayani penerbangan internasional dan domestik dengan fasilitas pendukung, seperti bea cukai dan imigrasi. Nantinya akan dipangkas jadi 14 sd 15 bandara saja.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, kesepakatan pemerintah hanya memberlakukan 14-15 bandara internasional diputuskan dalam rapat terbatas (ratas) antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menteri terkait. "Kemarin kita rapat mengenai industri pariwisata dan bagaimana implikasi dengan pertumbuhan ekonomi, Pak Presiden memimpin langsung, disitu kita, Pak Menhub, disitu ada kesepakatan, silahkan Pak Menhub, kita akan membuka untuk international airport itu 14-15 saja," ujar Erick usai gelaran Mandiri Investment Forum (MIF), Rabu (1/2/2023).

Erick menambahkan, alasan pemerintah hanya membuka 15 bandara internasional adalah untuk menekan jumlah Warga Negara Indonesia bepergian atau berwisata ke luar negeri. Sebaliknya, pemerintah justru berupaya meningkatkan kedatangan warga negara asing ke Indonesia dengan tujuan wisata. "Tapi yang kita tidak mau kan membuka airport sebesar-besarnya, lebih banyak orang Indonesia yang ke luar negeri, daripada yang di dalam negeri," ucapnya.

Meski hanya 15 bandara yang dijadikan sebagai pintu masuk antar negara, pemerintah tetap melakukan konektivitas dengan penerbangan domestik di berbagai daerah di Indonesia. "Ini lah kenapa airport yang 15 ini menjadi titik masuk, tetapi isinya kan bukan disitu antara connecting domestic flight harus bisa diperbaiki," tuturnya.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut