Logo Network
Network

Deretan Makna Istimewa Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek

Hadi Widodo
.
Rabu, 18 Januari 2023 | 11:19 WIB
Deretan Makna Istimewa Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek
Makna Istimewa Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek (Foto: Okezone)

PEKALONGAN, iNewsPantura.id - Salah satu sajian yang harus ada dalam perayaan hari imlek adalah jeruk Mandarin. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, buah berukuran kecil ini juga memiliki makna khusus yang dipercaya oleh etnis Tionghoa. 

Berikut 4 alasan jeruk Mandarin identik dengan Imlek, seperti dilansir dari Okezone, Rabu (17/1/2023).

4. Sebagai simbol kesuburan

Jeruk Mandarin

Mengunjungi rumah pasangan pengantin baru? Bawa dua buah jeruk mandarin beserta batang dan beberapa daunnya. Tidak hanya sebagai indikator kesegarannya, juga melambangkan keberuntungan yang melimpah dalam kesuburan.

Daun dari jeruk Mandarin ini juga bisa sebagai dekorasi di atas meja dengan nampan permen tradisional yang biasanya Anda bagikan untuk menyambut mereka.

3. Lambang cinta

Tahun Baru Imlek juga dianggap sebagai Hari Valentine China. Alih-alih memberikan coklat untuk pasangan, Anda bisa memberikan pasangan Anda jeruk Mandarin. Jeruk mandarin yang memiliki rasa manis dan sedikit asam, sama seperti cinta.

2. Membawa keberuntungan

Jeruk Mandarin

Bagi masyarakat Tionghoa, jeruk Mandarin dianggap membawa keberuntungan. Berasal dari sekitar abad ke-3 atau ke-4 SM6, prinsip yin dan yang menyatakan bahwa segala sesuatu ada sebagai hal yang berlawanan dan tidak dapat dipisahkan. Konsep filosofis China yang mendasar ini mendasari makna di balik penampilan fisik jeruk mandarin dalam budaya China.

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini