get app
inews
Aa Read Next : Nama Karismatik Pimpinan Ponpes Buntet Masuk TPN Prabowo, GIP : Itu Klaim Sepihak

Cegah Keramaian Perayaan Imlek, Ganjar Minta Kepala Daerah keliling Wilayah

Selasa, 01 Februari 2022 | 06:12 WIB
header img
Pejabat Pemkab Pekalongan tengah mengikuti rapat secara daring dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Humas Pemkab)

SEMARANG, iNews - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta seluruh kepala daerah di Jawa Tengah keliling di wilayahnya untuk mencegah dan memastikan tidak ada keramaian dalam perayaan Imlek 2022 Hari Selasa ini (1/2).

Ganjar menyebut itu perlu dilakukan, mengingat peningkatan kasus Covid-19 mulai terjadi di beberapa daerah.Hal itu disampaikan Ganjar saat memimpin Rapat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Gedung A Kantor Pemprov Jateng, Senin (31/1/2022).

Ganjar menerima laporan dari Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, terkait perkembangan kasus di Semarang."Kecepatan sebaran corona di Semarang hari ini sangat luar biasa tepatnya seminggu terakhir, tapi kesembuhannya juga cepat. Hemat saya dalam situasi ini, kami sekarang siasati adalah untuk tidak ada perayaan (Imlek) tapi pertemuan antar keluarga di restoran yang akan kita sikapi," kata Hendi, sapaan Hendrar Prihadi.

Menanggapi itu, Ganjar meminta pada seluruh kepala daerah dan jajaran forkopimda untuk berpatroli yang bersifat persuasif. Tujuannya sosialisasi agar tak terjadi kerumunan.
"(Perayaan Imlek) mulai nanti malam, kerumunan dibatasi. Rasa-rasanya hari ini kita mulai patroli, soft saja," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan, laporan yang diterima beberapa tempat ibadah yang menggelar perayaan Imlek dipastikan terbatas. Namun tidak menutup kemungkinan, kerumunan akan tetap terjadi.

"Karena tingkat abainya masyarakat cukup tinggi maka sekarang di tengah keramaian wajibnya pakai masker. Selanjutnya diatur pelan-pelan," kata Ganjar.

Ganjar yang Minggu (30/1/2022) kemarin melihat langsung kesiapan perayaan Imlek terbatas di Kelenteng Tien Kok Sie, Surakarta, mengatakan sosialisasi harus mulai digemborkan. Ini menjadi tugas utama, setelah Jogo Tonggo diaktifkan.
"Saya minta kepada Forkompimda dipimpin oleh bupati/ wali kota untuk keliling hari ini sampai dengan besok. Ketemu dengan warga untuk menyampaikan kembali sosialisasi prokes. Kita mintakan agar ini bisa digalakkan setelah rapat ini secara serentak," tegas Ganjar.

Sebagai informasi, data terakhir penambahan kasus Covid-19 di Jawa Tengah per 30 Januari 2022 sebanyak 202 kasus.
Hingga kini, Ganjar menegaskan belum ada lagi penambahan kasus dengan varian Omicron, namun pengecekan sampel terus dilakukan.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut