get app
inews
Aa Read Next : Tutup Beberapa Kantor, McDonalds PHK Massal dan Potong Paket Gaji Karyawan

Waduh! Puluhan Perusahaan Ini PHK Karyawan di Awal 2023

Rabu, 01 Februari 2023 | 14:30 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone)

8. SAP

Sama halnya IBM, raksasa perusahaan perangkat lunak asal Jerman SAP juga merencanakan PHK terhadap 3.000 pekerja di tahun ini. Menurut laporan NDTV, mereka berencana untuk memulai sejumlah program baru guna memperkuat bisnis inti pada 2023.

Program tersebut diperkirakan akan memengaruhi sekitar 2,5% karyawan SAP. Untuk saat ini, mereka memiliki 120 ribu karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

9. Amazon

Amazon mungkin akan tercatat sebagai salah satu perusahaan dengan jumlah PHK terbesar dari sekian banyak perusahaan teknologi yang melakukan PHK. Dari Forbes, Amazon rencananya akan memangkas hingga 18 ribu karyawan. 

10. JD.ID

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Setya Yudha Indraswara mengatakan, pihaknya memutuskan untuk menghentikan semua layanan JD.ID pada 31 Maret 2023.

Ia menjelaskan langkah tersebut merupakan keputusan strategis dari JD.COM untuk berkembang di pasar internasional dengan fokus pada pembangunan jaringan rantai pasok lintas-negara, dengan logistik dan pergudangan sebagai intinya.

Dari adanya keputusan tersebut setidaknya ada 200 karyawan mengalami PHK.

"Dengan berat hati, kami memberitahukan bahwa JD.ID akan menghentikan semua layanan pada 31 Maret 2023," ujar Yudha dalam pernyataan tertulisnya.

11. OLX

Mengutip DealStreetAsia, OLX dikabarkan akan merampingkan kantornya di Indonesia dan berusaha menjual bisnis otomotifnya. 

Dengan langkah ini, sekitar 300 dari 1.000 staf OLX terimbas PHK. OLX Indonesia kabarnya mengubah kebijakan pembelian mobil bekas dari model konsumen ke bisnis (C2B) dan bisnis ke bisnis (B2B) dan meninggalkan model operasi bisnis ke konsumen (B2C).

12. Nikomas Gemilang

PT Nikomas Gemilang, perusahaan yang memproduksi sepatu olahraga Adidas, Nike, Puma menawarkan pengunduran diri sukarela kepada 1.600 karyawannya. 

Humas Nikomas Gemilang, Danang Widi P. mengatakan, telah menempuh berbagai cara untuk bertahan di tengah kondisi perekonomian global yang penuh tantangan. 

“Ya, berbagai hal telah kami lakukan seperti stop recruitment, tidak ada lembur, pengurangan jam kerja dan program cuti khusus. Namun tidak dapat kami hindari dan dengan dengan berat hati kami harus melaksanakan program pengunduran diri sukarela,” ujar Danang, dikutip dari iNews Banten.

13. Ford

Ford berencana memecat ribuan karyawannya yang bekerja pada salah satu pabrik terbesarnya yang berada di Cologne, Jerman. 

Kabar tersebut dilaporkan oleh salah satu media ternama asal Jerman, Automobilwoche. Dikutip dari laman Reuters, kepala dewan pekerja telah mengadakan pertemuan dengan 14 ribu karyawan pabrik di Cologne, yang merupakan pabrik Ford terbesar di Jerman.

Juru bicara Ford, menegaskan bahwa rincian lebih lanjut akan dibagikan setelah rencana final telah terbentuk. Namun, dirinya memastikan, mereka akan memberi tahu karyawannya terlebih dahulu.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut