get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Teknologi Cerdas AI Ancam 300 Juta Pekerja

Mata Uang BRICS bakal Mengancam Dolar AS, Bagaimana Dampaknya ke Rupiah?

Kamis, 06 April 2023 | 10:04 WIB
header img
Mata Uang BRICS bakal Mengancam Dolar AS, Bagaimana Dampaknya ke Rupiah? (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura – Forum BRCIS berencana menciptakan mata uang tunggal, dominasi mata uang dolar Amerika Serikat (AS) di pasar global bakal terganggu oleh munculnya mata uang baru. Lantas, bagaimana dampaknya terhadap rupiah

Forum BIRC merupakan forum bisnis kelompok lima negara yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Para analisa global menyebut rencana menciptakan uang tunggal bisa berdampak pada dolar AS.

Dari dalam negeri, pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan selain konflik, dolar AS memang bisa terancam oleh keberadaan forum BRICS yang saat ini sedang membahas penerbitan mata uang baru.

"Sehingga wajar setiap negara punya inisiatif bagaimana caranya di setiap perdagangan tidak menggunakan dolar," kata Ibrahim saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (5/4/2023).

Jika ada yang mengatakan AS tidak pernah bangkrut karena dolar masih mendominasi sebagai mata uang tunggal dalam perdagangan internasional saat ini. Sebab, Amerika selalu mendapat persenan dari tiap transaksi, termasuk saat Indonesia melakukan transaksi menggunakan dolar AS.

"Apakah dolar ini bisa dijadikan ancaman oleh mata uang tunggal? oh iya pasti. Karena negara anggota BRICS itu negara besar dengan penduduk yang mayoritas besar," ungkap Ibrahim.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut