get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

Dua Granat Nanas Temuan Warga Berhasil Dimusnahkan

Selasa, 21 Februari 2023 | 15:08 WIB
header img
Kanit Jibom Satbrimob Batalyon B Pelopor Polda Jateng, Iptu Slamet Subagyo menunjukkan serpihan dari granat nanas yang sudah dimusnahkan.

Pekalongan,iNewsPantura.id - Dua buah granat nanas yang masih aktif berhasil  dimusnahkan Tim Penjinak Bom dari Satbrimob Batalyon B Pelopor Polda Jateng di sekitar Kali Susukan,  Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Senin siang (20/2/2023). Tempat pemusnahan itu adalah dilokasi bebas dan jauh dari permukiman penduduk.

Granat itu ditemukan Wilsa Widyaningsih, warga Kelurahan Padukuhan Krraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan dan menyerahkan granat nanas dan pistol ke Kodim 0710/Pekalongan, Kamis (16/2/2023). Kemungkinan granat tersebut peninggalan dari Kakeknya yang sekarang sudah meninggal. Selama ini dirinya tidak pernah mengetahui kalau rumah yang ditempatinya tersebut terdapat granat dan pistol. Sementara, untuk pistol sudah diamankan dan secara prosedural akan dikirim ke Mabes TNI.

Kanit Jibom Satbrimob Batalyon B Pelopor Polda Jateng, Iptu Slamet Subagyo menjelaskan, dua buah granat jenis nanas ini masih aktif saat ditemukan warga. Adapun isi kerangka dari granat ini terbuat dari baja.

"Granat nanas yang ditemukan warga sudah kami ledakan . Sisa pecahan hancur semua," terang Iptu Slamet sembari menunjukkan serpihan sisa-sisa pemusnahan dua granat tersebut.

Menurutnya, dua buah granat nanas tersebut diledakkan dengan metode disposal (dipicu) dan ditaruh di lubang dengan kedalaman sekitar 70 sentimeter agar serpihannya tidak berdampak  ke mana-mana.

"Kami ledakan dua sekaligus. Arah angin ke timur dan membelakangi objeknya. Adapun daya ledak serpihannya sekitar 100 meter, kerangkanya dari baja semua," katanya.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut