get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Sejarah Batik Rifaiyah: Jadi Media Penyebaran Agama Islam

Selasa, 21 Maret 2023 | 10:12 WIB
header img
Para pembatik yang tengah membatik batik Rifaiyah, Barang, Jawa Tengah. Foto:iNewsPantura.id/ Augasta Eka Rasa Putra

BATANG, iNewsPantura.id - Batik Indonesia diakui dunia didasarkan pada keputusan komite 24 negara, menjadi bagian dari 76 seni dan tradisi dari 27 negara yang resmi diakui oleh UNESCO. Motif batik Di Indonesia sendiri sangat beragam bahkan hampir semua daerah mempunyai ciri khas motif tersindiri. Salah satu yang paling dicari adalah Batik Rifaiyah, Dinamakan Batik Rifaiyah karena para pembatik merupakan santri dari Syekh Ahmad Rifai yang merupakan ulama dan pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah .

Kepala Desa Kalipucang Wetan mengatakan, Pada zaman dahulu Proses pembuatan batik ini sebagai media untuk syiar agama Islam. Ada ritual yang biasa dilakukan sebelum membatik, yakni dengan salat Duha terlebih dahulu dan saat membatik sambil melantunkan syair kidung berbahasa jawa berisi ajaran-ajaran Islam.

Cirikhas lain dari Batik Rifaiyah yakni larangan penggambaran motif hewan secara utuh ataupun hal yang bernyawa.Jadi contoh ketika menggambar burung antara kepala, badan, sayap atau lainnya dipisah dan bahkan hanya diambil salah satu bagiannya saja. Alasannya, mereka meyakini menggambar makhluk hidup itu berdosa,” ungkapnya. 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut