get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Program Serambi 2023, BI Tegal Sediakan Rp 5,04 T, Masyarakat Bisa Tukar di Kantor Perbankan Resmi

Selasa, 28 Maret 2023 | 08:53 WIB
header img
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menunjukkan uang pecahan baru setelah peluncuran Serambi 2023

Pekalongan,iNewsPantura.id - Kantor Perwakilan BI Tegal meluncurkan Program Serambi 2023 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  terkait penukaran uang pecahan.

Program Serambi adalah kepanjangan dari Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023. Peluncurannya berlangsung di Halaman Kantor Walikota Pekalongan, Senin (27/3/2023). Peluncuran program ini ditandai dengan perluasan layanan penukaran uang pecahan kepada masyarakat melalui 18 mobil kas keliling perbankan.

Serambi 2023 merupakan program BI secara nasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penukaran uang dalam menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444H.

Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf menyambut baik launching program Serambi  dari BI Tegal yang tahun ini dilakukan di Kota Pekalongan. Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Kantor Perwakilan BI Tegal dan perbankan yang sudah turut andil dan siap memfasilitasi penukaran uang baru terutama pecahan kecil seperti pecahan Rp2 ribu, Rp 5 ribu di tengah masyarakat yang tersebar di 108 titik lokasi.

"Masyarakat saat lebaran biasanya inginnya uang baru menjelang lebaran. Alhamdulillah BI sudah memfasilitasi masyarakat untuk penukaran uang baru secara mobile dan bisa dilaunching di Kota Pekalongan," ucap Aaf, sapaan akrabnya.

Menurutnya, pemulihan ekonomi pasca pandemi terus tumbuh di Kota Pekalongan. Kegiatan Launching Serambi ini  sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap naiknya permintaan menukar uang masyarakat untuk persiapan Lebaran.

Kepala Kantor Perwakilan BI Cabang Tegal, M. Taufik Amrozy menuturkan, wilayah kerja BI Tegal satu karesidenan dari wilayah Brebes hingga Batang, sehingga launching di Kota Pekalongan ini bisa menyebarluaskan titik pemerataan layanan kas kepada masyarakat.

"Antuas masyarakat di Kota Pekalongan sangat tinggi dan sangat ramai yang datang mau menukarkan uang pecahannya. Bahkan keikutsertaan mobil kas keliling perbankan cukup banyak ada 18 unit mulai dari perbankan umum, BPR, PT Pos, Kospin Jasa, dan sebagainya. Semakin banyak layanan perbankan yang terlibat akan memudahkan masyarakat untuk menukarkan uangnya di lokasi yang secara resmi agar mengantisipasi peredaran uang palsu," ungkap Amrozy.

Amrozy menyebutkan, BI Tegal telah menyiapkan kebutuhan uang lebaran dari periode Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 2023 sebanyak Rp 5,04 Trilliun se-eks karesidenan.

"Adapun paket penukaran yang dapat masyarakat dapatkan per penukar maksimal sebesar Rp3,8 juta yang terdiri dari pecahan Rp 20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp 1 ribu. Kegiatan layanan kas keliling penukaran uang lebaran ini juga mobile baik itu di Pasar Grosir Setono, Lapangan Mataram, beberapa rest area, dan sejumlah titik lokasi yang sudah disepakati dan bisa dilihat di media sosial BI Tegal," bebernya.

"BI Tegal juga mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di titik-titik kantor layanan resmi yang telah ditentukan.Hal tersebut bertujuan untuk memastikan terjaminnya masyarakat mendapatkan uang Rupiah layak edar serta keamanan masyarakat supaya terhindar dari uang palsu dan tentunya layanan penukaran gratis tanpa dipungut biaya tambahan sedikitpun," paparnya.

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut