get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Kaum Lansia Terlantar dan Disabilitas Dapat Bantuan

Jum'at, 31 Maret 2023 | 07:25 WIB
header img
keluarga disabilitas menerima bantuan

BATANG, iNewsPantura - Kaum lansia terlantar dan penyandang Disabilitas di Kecamatan Tersono dan Gringsing mendapat bantuan dari Baznas Kabupaten Batang.

Bantuan yang disalurkan berupa uang dan paket sembako dari Baznas Batang yang diberikan langsung kepada penerima. Penyerahannya dilakukan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang Joko Tetuko, Selasa (28/03/2023).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang Joko Tetuko mengatakan, bantuan tersebut merupakan bukti perhatian Pemkab terhadap para penyandang disabilitas berat dan lansia terlantar yang rutin diberikan setiap tahun.

"Setiap bulan mereka menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu selama 10 bulan. Dan hari ini karena momentumnya bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Batang ke 57, maka bantuan kami serahkan langsung sekaligus anjangsana kepada penerima manfaat,” kata Joko Tetuko usai menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas, di Desa Sumurbanger, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang.

Menurut dia, Mayoritas penerima manfaat adalah mereka yang mengalami gangguan mental dan keterbatasan fisik. Selama tahun 2022, Pemkab Batang telah menyalurkan bantuan sosial kepada 125 orang disabilitas serta 125 lansia terlantar dengan anggaran sebesar Rp500 juta.

Sementara itu, salah satu keluarga penerima manfaat, Suharti, ibu dari Arvian balita penyandang disabilitas menyampaikan, putranya mengalami gangguan mental sejak berusia 8 bulan hingga kini berusia 4 tahun.

"Awalnya sakit panas, hingga mengakibatkan gangguan pada syaraf lehernya. Alhamdulillah sekarang sudah ada perkembangan, mulai bisa merangkak dan membalikkan badan,”terang Suharti.

Ia berterima kasih karena selama ini putranya merupakan salah satu penerima bantuan khusus penyandang disabilitas yang rutin tiap bulan menerima sebesar Rp200 ribu.*

 

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut