get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Teknologi Cerdas AI Ancam 300 Juta Pekerja

Mata Uang BRICS bakal Mengancam Dolar AS, Bagaimana Dampaknya ke Rupiah?

Kamis, 06 April 2023 | 10:04 WIB
header img
Mata Uang BRICS bakal Mengancam Dolar AS, Bagaimana Dampaknya ke Rupiah? (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura – Forum BRCIS berencana menciptakan mata uang tunggal, dominasi mata uang dolar Amerika Serikat (AS) di pasar global bakal terganggu oleh munculnya mata uang baru. Lantas, bagaimana dampaknya terhadap rupiah

Forum BIRC merupakan forum bisnis kelompok lima negara yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Para analisa global menyebut rencana menciptakan uang tunggal bisa berdampak pada dolar AS.

Dari dalam negeri, pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan selain konflik, dolar AS memang bisa terancam oleh keberadaan forum BRICS yang saat ini sedang membahas penerbitan mata uang baru.

"Sehingga wajar setiap negara punya inisiatif bagaimana caranya di setiap perdagangan tidak menggunakan dolar," kata Ibrahim saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (5/4/2023).

Jika ada yang mengatakan AS tidak pernah bangkrut karena dolar masih mendominasi sebagai mata uang tunggal dalam perdagangan internasional saat ini. Sebab, Amerika selalu mendapat persenan dari tiap transaksi, termasuk saat Indonesia melakukan transaksi menggunakan dolar AS.

"Apakah dolar ini bisa dijadikan ancaman oleh mata uang tunggal? oh iya pasti. Karena negara anggota BRICS itu negara besar dengan penduduk yang mayoritas besar," ungkap Ibrahim.

Dengan demikian, jika anggota BRICS ini mempunyai mata uang tunggal, sangat bisa mengalahkan dolar Amerika. "Disisi lain perdagangan yang tinggi itu negara-negara anggota BRICS dibandingkan negara lainnya," imbuhnya.

Menariknya, Ibrahim menilai rupiah justru diuntungkan dengan rencana BRICS menciptakan mata uang tunggal. Sebab, dolar AS tidak menjadi mata uang tunggal lagi.

Di sisi lain, konflik terkait mata uang tunggal ini justru membuat rupiah semakin tenang." Karena saat ini fluktuasi mata uang rupiah bergantung dari ekonomi di Amerika," ujar Ibrahim.

Sebaik-baiknya ekonomi di Indonesia, sejak kepemimpinan Presiden Joko Widodo,ketika ada masalah eksternal seperti ekonomi di AS berfluktuatif berpengaruh terhadap mata uang rupiah.

"Ketenangan kondisi di Amerika ini membuat rupiah mengalami penguatan yang cukup signifikan bahkan sampai saat ini sudah di bawah Rp15.000," jelasnya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut