get app
inews
Aa Read Next : Aisy Zivana Zaneta, Siswa SMA 1 Pekalongan Lolos program beasiswa Pertukaran Pelajar Internasional

Rusia Desak Amerika Serikat Segera Lenyapkan Senjata Kimia

Senin, 22 Agustus 2022 | 10:23 WIB
header img
Rusia Desak Amerika Serikat Segera Lenyapkan Senjata Kimia (Foto: Okezone)

WASHINGTON DC, iNews.id – Kedutaan Besar Rusia untuk AS di Washington DC mendesak Amerika Serikat agar segera melenyapkan senjata kimianya dan berhenti ikut campur dalam urusan negara lain.

 

Menurut kantor diplomat itu, AS selama ini selalu mengelak dari kewajibannya untuk melucuti senjata kimianya sendiri. Sementara pada saat yang sama, Amerika malah menuduh Rusia menggunakan senjata semacam itu untuk menghabisi lawan politik.

 

“Tuduhan bahwa Rusia diduga memiliki senjata kimia adalah palsu,” ungkap Kedubes Rusia untuk AS dalam sebuah pernyataan di Telegram, Sabtu (20/8/2022).

 

“Washington sangat menyadari bahwa pada 2017 negara kami benar-benar telah melenyapkan stok senjata kimia nasional. Fakta ini telah dikonfirmasi secara resmi oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia,” kata kedutaan itu. 

 

Pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas klaim yang dibuat oleh Departemen Luar Negeri AS bahwa senjata kimia diduga digunakan rezim Moskow terhadap politikus oposisi Rusia Alexey Navalny. Kedutaan Rusia di AS mengingatkan, Amerika Serikat kini menjadi satu-satunya negara yang belum melenyapkan persenjataan kimianya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut