get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Dinperinaker Tampung Aspirasi penyandang Tuna Netra untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Jum'at, 05 Mei 2023 | 15:21 WIB
header img
Penyandang Tuna Netra foto bersama Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan Sri Budi Santosa dan staf usai rapat koordinasi.

Pekalongan, iNewsPantura.id - Keterbatasan penyandang netra (tunanetra) tak menghalangi semangat untuk terus berusaha meningkatkan kualitas hidup.

Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) cabang Kota/Kab Pekalongan, Supriyanto menjelaskan, harus ada upaya peningkatan kondisi tunanetra dari ketidakberdayaan ekonomi, pendidikan dan kesehatan, dibutuhkan usaha pemberdayaan bagi mereka, salah satunya pelatihan kompetensi yang disesuaikan dengan kemampuan penyandang netra ini.

Untuk itulah, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) memberikan perhatian pada penyandang tuna netra. ’’Kita akan membuat usulan secara khusus agar tahun depan ada upaya memberi atensi secara khusus untuk teman-teman tunanetra yang selama ini belum bisa mengikuti pelatihan karena jenis disabilitas yang berbeda,” terang Kepala Dinperinaker, Sri Budi Santoso kemarin dalam kegiatan rapat koordinasi pelatihan bagi disabilitas di ruang Sekretariat, Dinperinaker kota Pekalongan.

SBS sapaan akrab Kadinperinaker melihat motivasi yang ada dalam diri penyandang netra luar biasa dan mereka berharap untuk bisa difasilitasi pengembangan kapasitas sehingga mereka bisa mendayagunakan potensinya secara bertahap, menjadi pribadi yang mandiri dan produktif,.

“Kami atas nama pemerintah kota Pekalongan berterima kasih, ke depan bisa menyusun program, saya salut atas semangatnya, sangat komunikatif dan atensi sekali,” terangnya.

Supriyanto berharap kedepan bersama teman-temannya dapat lebih diperhatikan dengan memberikan keterampilan agar bisa terjun di dunia kerja, meskipun dengan segala kekurangan yang ada, “Kami semangat untuk membangun kota ini bareng-bareng sebisa kami,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa mayoritas tunanetra berprofesi sebagai tukang pijat. Pertuni juga pernah menerima pelatihan pijat dari luar kota Pekalongan, sehingga pihaknya ingin agar Pemerintah setempat bisa memfasilitasi kompetensi serupa atau lainnya.

"Anggota kami yang dari kota Pekalongan 40 orang dan luar kota 6 orang, karena Pertuni yang di kabupaten belum ada, harapannya kami bisa dilibatkan untuk membangun kota ini sesuai dengan kemampuan kami sebagai penyandang disabilitas netra," katanya.

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut