get app
inews
Aa Read Next : Beras Protangguh Mampu Tangani Stunting

Atasi Kekurangan Gizi, Pemkab Pekalongan Gelar Rembug Stunting

Senin, 03 Juli 2023 | 10:46 WIB
header img
Plh Bupati pekalongan Riswadi memukul gong saat membuka launching Rembug Stunting . Foto;inewsPantura.id

KAJEN, iNewsPantura.id – Untuk mengatasi kekuangan gizi, Pemkab Pekalongan menggelar rembug stunting yang dihadiri oleh Perwakilan Unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Sekda Kabupaten Pekalongan, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pekalongan.

Plh Bupati Pekalongan Riswadi menyampaikan bahwa kegiatan Rembuk Stunting merupakan langkah penting yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan guna memastikan integrasi dalam pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama antara OPD selaku penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah, dan masyarakat.

“Pemkab Pekalongan secara bersama-sama akan melakukan konfirmasi, sinkonisasi dan sinergitas hasil analisis situasi dan penyusunan rancangan rencana kegiatan dari OPD penanggung jawab layanan di tingkat kabupaten berdasarkan perencanaan yang merupakan hasil partisipasif masyarakat yang dilaksanakan melalui Musrenbang Kecamatan dan Desa dalam upaya penurunan stunting di lokasi fokus,” ujar Riswadi.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa stunting disebabkan oleh faktor multi-dimensi dan tidak hanya terkait dengan faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita saja. Oleh karenanya, Riswadi mengatakan bahwa penanganan stunting memerlukan koordinasi antar sektor dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha, Masyarakat Umum, dan lainnya.

Selanjutnya dalam kesempatan itu, Plh Bupati Pekalongan Riswadi menekankan tentang pentingnya pencegahan stunting melalui dua jenis intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitive, “Penurunan dan pencegahan stunting akan efektif jika intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif dilakukan secara konvergensi oleh semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat,” tegasnya.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut