get app
inews
Aa Read Next : IPSI Kota Pekalongan Gelar Raker

Hingga Oktober, Zakat yang dikumpulkan Baru Rp 2,2 Miliar

Rabu, 01 November 2023 | 13:57 WIB
header img
Wali Kota pekalongan, HA Arslan DJunaid ketika menyerahkan bantuan kepada warga yang berhak dari zakat Baznas.

Pekalongan,iNewsPantura.id - Baznas Kota Pekalongan mengatakan zakat yang terkumpul di Baznas Kota Pekalongan mencapai Rp 2,2 Miliar dan belum mencapai target sebesar Rp 3 miliar. Zakat ini secara rutin ditasarufkan oleh Baznas kepada 8 penerima zakat.

Ketua Baznas Kota Pekalongan, Sakdullah menyampaikan bahwa, dari target zakat di Tahun 2023 sebesar Rp3 Milliar, sampai saat ini masih tercapai Rp2,2 Milliar. Menurutnya, jika dibandingkan dengan perolehan tahun 2022 lalu, zakat tidak mengalami banyak peningkatan karena di tahun ini banyak ASN yang pensiun.

"Tasyaruf zakatnya sudah sesuai petunjuk yakni ada 8 asnaf penerima zakat yaitu Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Riqab, Gharimin, Fisabilillah dan Ibnu Sabil se-Kota Pekalongan," ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku optimis target Rp 3 Milliar bisa terpenuhi di akhir Tahun 2023. Lanjut Sakdullah menambahkan, zakat yang terkumpul di Baznas Kota Pekalongan bersumber dari para ASN di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan, profesional, pengusaha hingga masyarakat umum.

"Biasanya akhir tahun banyak yang memberikan dan mengumpulkan zakat ke Baznas. Kami juga mengajak kepada masyarakat yang memiliki rezeki lebih agar bisa berzakat melalui Baznas. Pasalnya, Baznas menjadi lembaga pemerintah non struktural yang menerima dan menyalurkan zakat dan infak dari muzaki untuk mustahik yang membutuhkan,"pungkasnya. 

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut