get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Musim Penghujan, DPUPR Maksimalkan Operasional Pompa

Senin, 22 Januari 2024 | 09:18 WIB
header img
Petugas pompa mencoba pompa mobile untuk mengatasi pompa yang rusak.

Pekalongan,iNewsPantura.id - Musim penghujan tahun ini, DPUPR Kota Pekalongan menyiapkan 70 orang untuk mengoperasikan pompa agar berfungsi maksimal. Mereka siaga 24 jam guna mengantisipasi cuaca yang bisa saja tiba-tiba berubah ekstrim.

Kepala DPUPR Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR setempat, Purwo Susetyo mengatakan bahwa, DPUPR khususnya bidang SDA telah menginventarisasi seluruh pompa dan semua siap beroperasi.

"Namun, ada 2 pompa yang mengalami kerusakan yang saat ini masih dalam perbaikan, yakni di rumah pompa Pabean Utara dan Randu Jajar Utara. Sebagai penggantinya, sementara kami telah menyediakan masing- masing pompa mobile berkapasitas 50 liter per detik,"tuturnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Purwo menyebutkan, tahun ini akan ada penambahan 4 titik pembangunan rumah pompa baru, yakni 1 pompa di Kampung Baru dengan kapasitas 250 liter per detik dan 3 lainnya di daerah Bugisan dengan kapasitas 125 liter per detik. Adapun pembangunan rumah-rumah pompa tersebut bersumber dari APBD.

"Untuk penanganan kawasan sungai Bremi dan Meduri selain menyiagakan pompa, DPUPR juga berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait seperti BPBD, DLH, Kodim 0710/Pekalongan, dan Kelurahan setempat untuk membersihkan eceng gondok secara berkala dan melakukan normalisasi sungai," katanya.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut