get app
inews
Aa Read Next : Semifinal Piala Dunia U-20: Korsel Tantang Italia, Uruguay Hadapi Israel

Indonesia Omricon Naik, Australia Terbuka Lagi Bagi Turis Asing

Selasa, 08 Februari 2022 | 07:19 WIB
header img
Wisata di Australia siap dibuka lagi untutk turis asing (foto: Tripadvisory)

SYDNEY, iNews - Di tengah naiknya Kasus Covid 19 Varian Omricon di beberapa negara termasuk Indonesia, Australia justru bersiap membuka diri bagi turis asing.

Pada bulan ini untuk pertama kalinya sejak Maret 2020 Pemerintah Australia menyatakan akan membuka kembali perbatasan Negaranya bagi turis asing yang sudah divaksinasi.

Orang-orang dari seluruh penjuru dunia akan dapat melakukan perjalanan ke Negeri Kanguru apabila mereka sudah divaksinasi, setelah pembukaan yang akan berlaku pada 21 Februari 2022 ini.

"Jika Anda sudah divaksinasi ganda, kami berharap dapat menyambut Anda kembali ke Australia," kata Perdana Menteri Scott Morrison pada konferensi pers di Canberra sebagaimana dilansir Reuters.

Dalam beberapa bulan terakhir, Australia telah mengambil langkah-langkah untuk melonggarkan kontrol perbatasannya, seperti mengizinkan migran terampil untuk masuk dan pengaturan perjalanan bebas karantina dengan negara-negara tertentu seperti Selandia Baru.

Langkah tersebut mengakhiri dua tahun penutupan yang telah membawa kesengsaraan bagi sektor pariwisata Australia, sekaligus menghidupkan kembali migrasi dan menyuntikkan miliaran dolar ke negara ekonomi terbesar ke-13 dunia itu.

Industri pariwisata, yang mengandalkan pasar domestik yang sangat terpengaruh oleh pembatasan pergerakan, menyambut baik langkah pemerintah ini. Meski begitu, CEO Forum Pariwisata dan Transportasi Margy Osmond mengatakan industri ini akan membutuhkan koordinasi untuk memastikan Australia kompetitif sebagai tujuan wisata.

"Ini tidak sesederhana hanya menghidupkan keran dan kami melihat sejumlah turis internasional kembali ke tempat mereka sebelum Covid," tuturnya kepada wartawan.

Australia melaporkan lebih dari 23.000 infeksi baru pada Senin, terendah untuk 2022, dan jauh dari puncak kasus yang mencapai 150.000 sekira sebulan yang lalu.

Sejak kasus Omicron pertama terdeteksi di Australia pada November tahun lalu.Sekitar 2,4 juta kasus telah tercatat di Australia.  Namun saat ini, Australia hanya memiliki sekira 200.000 kasus. Total kematian Covid-19 di Australia mencapai 4.248 sejak pandemi dimulai.

Kasus Covid Australia telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir karena penyebaran varian Omicron. Tetapi dengan lebih dari sembilan dari 10 warga Australia berusia di atas 16 tahun yang divaksinasi penuh, kasus-kasus baru dan rawat inap tampaknya melambat.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut