get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Rabu, 13 Maret 2024 | 16:42 WIB
header img
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid dan Dandim 0710 Pekalongan serta Kapolresta Pekalongan Kota meninjau rumah-rumah korban dwilayah kecamatan Tirto Pekalongan.

Pekalongan,iNewsPantura.id – Puluhan rumah rusak diterjang puting beliung di kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan Rabu pagi tadi (13/3/2024).

Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid langsung meninjau lokasi kejadian bersama Dandim 0710 Pekalongan, Kapolres Pekalongan Kota, Sekda, dan Kepala OPD di RW 1 dan 8 Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Wali Kota Aaf, sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa kejadian angin puting beliung terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 08.40 WIB. "Ada tiga kelurahan yang terdampak yakni Tirto, Pasirkratonkramat, dan Bendan Kergon. Dari catatan ada 30 KK yang terdampak atau 117 warga," beber Aaf.

Aaf Mengatakan, sebagian besar rumah yang rusak adalah yang atapnya menggunakan galwalum. Atap tersebut bisa terbang sampai 500 meter.

"Setelah peninjauan ini yang urgent bisa langsung diatasi bersama secara gotong royong dengan warga. Nanti ada personil seperti BPBD yang akan membantu," kata Aaf.

Aaf menyarankan yang betul-betul parah untuk mengungsi terlebih dahulu. Warga juga mengaku beberapa hari ini banjir namun aktivitas di rumah masih bisa dilakukan. "Untuk warga yang mengungsi kami menyediakan tempat pengungsian di TPQ Al Hikmah," jelas Aaf.

Diua berharap evakuasi dan perbaikan berjalan dengan lancar meskipun hari ini masih diseluti mendung, kalau terus bergerak pasti akan terselesaikan. "Alhamdulillah warga, RT, RW, lurah, camat berkomunikasi dengan baik dan langsung ke lokasi mengakomodasi," tamdas Aaf.

Jika kebutuhan untuk makan buka sahur pengungsi dibutuhkan dari Dinsos-P2KB akan menyiapkan. "Para warga yang beberapa hari ini kebanjiran semoga sehat sehat selalu,"katanya.

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut