get app
inews
Aa Read Next : Warga Tak Mampu di Pekalongan Dirazia! Bukan Ditilang Malah Diberi Sembako

Kompol Gunawan Wibisono, Wakapolres Pemalang , Spesialis Ungkap Kasus Besar

Rabu, 20 Maret 2024 | 09:43 WIB
header img
Kompol Gunawan Wibisono ketika menerima penghargaan dari Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H. di halaman Mapolda Jateng, Senin (19/3/2024).

Pemalang,iNewsPantura.Id -  Sepanjang kariernya sebagai seorang polisi, Kompol Gunawan Wibisono telah menorehkan beberapa prestasi. Perwira lulusan Akpol 2010 itu telah mengungkapkan berbagai kasus besar yang menjadi perhatian publik.

Dengan prestasi tersebut, Kompol Gunawan Wibisono, meraih sejumlah penghargaan atas prestasi yang membanggakan, selama bertugas di institusi Kepolisian.

Sebut saja kasus tindak pidana pembunuhan disertai mutilasi di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/7/2022), yang sempat menghebohkan warga di sekitar aliran sungai Kretek, Desa Kalongan, Ungaran Timur, di mana potongan tubuh korban ditemukan oleh warga untuk pertama kalinya.

Dalam kurun waktu kurang dari 24 Jam, misteri kasus pembunuhan dengan mutilasi tersebut, berhasil diungkap Polsek Ungaran di bawah kepemimpinan Kompol Gunawan Wibisono.

Bersama personilnya, Kompol Gunawan Wibisono berhasil mengamankan tersangka pembunuhan, saat berusaha melarikan diri ke wilayah Jawa Timur, Senin (25/7/2022).

Bahkan, setelah mendapatkan promosi jabatan sebagai Wakapolres Pemalang, Kompol Gunawan Wibisono masih terus menorehkan prestasinya dalam pengungkapan kasus besar.

Kasus itu antara lain, pengungkapan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Kabupaten Pemalang, dengan jumlah korban mencapai 447 orang.

Kesuksesan pengungkapan kasus TPPO tersebut menjadi lebih spesial, karena menjadi perhatian Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA).

Yang menjadikan Kompol Gunawan Wibisono puas adalah pemberian penghargaan yang sampaikan langsung oleh Ketua Nasional TRC PPA Jeny Claudya Lumowa.

Tidak hanya itu, dia juga memimpin langsung dan berhasil mengungkap dua kasus pembunuhan, yang sempat menggegerkan warga Kabupaten Pemalang.

Yakni, kasus pembunuhan gadis yang jasadnya ditemukan dengan ciri-ciri mengenakan seragam pramuka di aliran sungai Desa Blendung Ulujami, serta kasus pembunuhan berencana di perumahan Puri Asri Comal, yang salah satu tersangkanya adalah anak kandung dari korban.

Pengungkapan dua kasus pembunuhan di Kabupaten Pemalang yang terjadi pada tahun 2023 tersebut membutuhkan kinerja ekstra jajaran Satreskrim, hingga akhirnya berhasil terungkap, dibawah arahan langsung Kompol Gunawan Wibisono, selaku Wakapolres Pemalang.

Raihan prestasi dalam pengungkapan kasus tersebut menjadi lebih lengkap, setelah Lelaki kelahiran Jakarta Pusat itu menerima penghargaan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H. di halaman Mapolda Jateng, Senin (19/3/2024).

Bahkan Gunawan Wibisono, juga mengungkap berbagai kasus menonjol, sejak mengawali kariernya di bidang reserse kriminal (Reskrim). Kasus itu adalah pencurian dengan modus pecah kaca mobil dan perampokan toko emas menggunakan senpi yang terjadi di Kotawaringin Barat pada tahun 2014, serta kasus pencurian dengan modus congkel dan pecah kaca mobil di Tegal, pada tahun 2019.

Tentunya keberhasilan Kompol Gunawan Wibisono, tidak lepas dari berbagai pendidikan pengembangan dan pelatihan yang pernah diikuti, semenjak mengawali kariernya di bidang reserse kriminal (Reskrim), salah satunya Interpol Collect and Exchange Information And Evudence At International Level, yang diikutinya pada tahun 2018.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut