get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

11 Anggota dari 35 Anggota DPRD Kota Pekalongan dari Wajah Baru

Rabu, 14 Agustus 2024 | 16:44 WIB
header img
Ketua Sementara DPRD Kota Pekalongan, Hj Balgis Diab menerima palu kepemimpinan dari Ketua DPRD 2019-2024 Moh Azmy Basyir dalam sidang paripurna DPRD, Rabu 14/8/2024.

Ketua Sementara DPRD Kota Pekalongan, Hj Balgis Diab menerima palu kepemimpinan dari Ketua DPRD 2019-2024 Moh Azmy Basyir di ruang sidang paripurna DPRD, Rabu 14/8/2024.

 

Pekalongan,iNewsPantura.id –Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Pekalongan dilantik dan diambil sumpah, di ruang sidang, Rabu (14/8/2024). Dari sejumlah itu, 11 di antaranya anggota DPRD wajah baru.

‘’Ada 11 anggota DPRD yang baru, sedangkan lainnya wajah lama,’’ kata Ketua DPRD Periode 2019-2024, Moh Azmi Basyir  ketika memberikan sambutan pada acara pengambilan sumpah DPRD Kota Pekalongan periode 2024-2029.

Setelah anggota DPRD diambil sumpah, dibacakan penetapan pimpinan DPRD sementara yakni Hj Balgis Diab dari  Golkar sebagai Ketua Sementara dan Nusron dari PKB sebagai Wakil ketua Sementara.

Ditetapkannya pimpinan DPRD sementara dari Partai Golkar itu didasarkan pada jumlah terbanyak anggota DPRD dari partai tersebut yakni delapan anggota dan disusul PKB meraih enam anggota DPRD.

Pengambilan sumpah jabatan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kota Pekalongan, Karsena dengan dihadiri Wali Kota Pekalongan, HA Arslan Djunaid, Sekretaris Daerah, Nur Priyantomo, beserta jajaran Forkopimda Kota Pekalongan. Hadir pula sejumlah pejabat dan kepala OPD jajaran Pemkot Pekalongan serta anggota keluarga anggota DPRD terpilih.

Wali Kota HA Afzan Arslan Djunaid, menekankan pentingnya menguatkan sinergi dalam melanjutkan pembangunan. Amanah yang telah diberikan masyarakat itu diharapkan dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan berdedikasi.

Dia yakin anggota DPRD Kota Pekalongan terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, terutama menjalankan tiga fungsi utama DPRD, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan. 

Pihaknya berharap, para anggota DPRD ini bisa semakin bersinergi dengan Pemerintah Kota Pekalongan dalam menjalankan program-program pembangunan yang mengedepankan kepentingan masyarakat. Dia bersyukur, komunikasi antara jajaran legislatif dan eksekutif di Kota Pekalongan sudah terjalin sangat baik.

Ketua DPRD Sementara Hj Balgis Diab ketika ditemui wartawan mengaku bersyukur atas diberikannya amanah menjadi pimpinan sementara sambil menunggu dipilihnya pimpinan definitif.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan yang telah ikut menyukseskan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024. Tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi dan pemilu berjalan dengan lancar, aman, adil, dan damai. Dengan adanya beberapa wajah lama DPRD periode sebelumnya yang terpilih kembali, tentunya saya juga berharap bisa lari lebih cepat lagi untuk mengerjakan agenda-agenda yang ada di legislatif untuk menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya," harapnya.

"Saya yakin dengan dilantiknya 35 anggota DPRD Kota Pekalongan, Sebagian dari wajah lama, maka akan lebih memudahkan berjalan lebih cepat karena mereka sudah berpengalaman sebelumnya. Demikian pula, wajah baru anggota DPRD saya kira juga akan cepat menyesuaikan karena mereka berasal dari utusan partai.  Mau wajah lama ataupun wajah baru tidak menjadi masalah, yang terpenting pengabdian kepada masyarakat itu nomer satu,"ujarnya.

Adapun nama-nama anggota DPRD Kota Pekalongan periode 2024-2029 yang dilantik yaitu untuk Dapil 1 Pekalongan Barat ada 11 kursi, yakni Nusron (PKB), Meutia Azkia  M. Desky (PKB), Anyta Rianti (Gerindra), Saprudin (PDIP), Faisol Khannan (Golkar), Budi Setiawan (Golkar), Sugeng Indiarso (Golkar), Nashrullah (PKS), Bagus Riza Astian (PAN), Fuhuluddin (PPP), dan Eko Lusjianto (PPP).

Dapil 2 Pekalongan Utara sebanyak 9 kursi yaitu Boentoro (PKB), Riana Setyawati (Gerindra), Masykur (PDIP), Seno Prafitri Adi (PDIP), Mohamad Azmi Basyir (Golkar), Isnaini Ruhullah Kumaini (Nasdem), Irawadi Setiawan (PKS), Makmur Sofyan Mustofa (PAN), dan Mukhlikin (PPP).

Sementara, untuk Dapil 3 Pekalongan Timur mendapat jatah 8 kursi yakni Ali Hamzah (PKB), Taufan Asianto (PDIP), Fauzi Umar Lahji (Golkar), Desy Tria Amira Fasa (Golkar), Hafidh Aslami (Demokrat), Mungzilin (PKS), Bowo Leksono (Hanura), dan Mabrur (PPP).

Sedangkan, Dapil 4 Pekalongan Selatan ada 7 kursi yaitu Zaki Maulida Tan (PKB), Muhammad Latifuddin (PKB), Gumelar (PDIP), Balgis Diab (Golkar), Aminuddin Aziz (Golkar), Ro'is Rahma Fathoni (PKS),  dan Nur Hadi (PPP).***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut