get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

Sebanyak  1.500 Atlet Ikuti Porkot Pekalongan

Rabu, 04 September 2024 | 14:25 WIB
header img
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid melepas balon sebagai tanda dimulainya Pekan olah raga kota (Porkot) Pekalongan di halaman Setda, Rabu (4/9/2024)

Pekalongan,iNewsPantura.id - KONI Kota Pekalongan kembali menghelat Pekan Olahraga Kota (Porkot) Tahun 2024 yang diikuti 1.500 peserta dari 22 cabang olah raga. Ajang ini berlangsung mulai tanggal 6-15 September 2024 yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, di Halaman Setda Kota Pekalongan, Rabu (04/09/2024

Usai membuka kegiatan tersebut, Walikota Pekalongan yang akrab disapa Mas Aaf ini menyambut baik atas terselenggarakan Porkot Pekalongan Tahun 2024 ini. Porkot ini menjadi tahapan atau landasan awal untuk menyiapkan para atlet terbaik Kota Pekalongan yang akan berlaga di event-event olahraga bergengsi untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Dimana, penjaringan atlet bisa dimulai dari ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), tingkat Kota ada PORKOT. Kemudian, ada juga ajang Pekan Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan, Banyumas (Dulongmas), Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, Asean Games dan Olympiade.

"Event olahraga di Provinsi Jawa Tengah maupun Dulongmas pada Tahun 2024 ini tidak ada, tetapi bukan berarti semua cabor berhenti tidak ada kegiatan maupun kejuaraan-kejuaraan. Sehingga, sebagai alternatifnya kami menyelenggarakan Porkot tingkat Kota Pekalongan supaya para atlet kita tetap menjaga kondisi kesehatan, berlatih maupun meningkatkan kemampuannya sesuai cabor yang digelutinya supaya di tahun depan bisa lebih siap berlaga di event berjenjang lainnya seperti Dulongmas  maupun Porprov,"terangnya.

Menurutnya, kegiatan Porkot ini juga sebagai ajang pembinaan atlet-atlet baru Kota Pekalongan di masing-masing cabor. Mas Aaf bersyukur, capaian prestasi olahraga di Kota Pekalongan sejak tahun 2018 hingga 2024 ini semakin meningkat, walaupun progressnya belum terlalu signifikan.

Ia berharap, di ajang Porkot Tahun 2024 ini para atlet Kota Pekalongan bisa memberikan kemampuan terbaik dan menjunjung tinggi sportivitas. Mas Aaf menilai, sejatinya sportivitas ini hal yang paling utama diperlukan di berbagai bidang terutama olahraga. Sebab, percuma mendapatkan juara tapi tidak menjunjung tinggi sportivitas. Pihaknya juga mengapresiasi beberapa atlet Kota Pekalongan sudah banyak yang berlaga dan berprestasi di ajang Porprov, PON, bahkan ada yang sudah berlaga Sea Games. Hal ini sepatutnya menjadi contoh dan semangat untuk atlet-atlet baru maupun atlet yang belum mengikuti ajang lebih tinggi lagi untuk mengasah kemampuan dan minatnya.

"Ke depan kami berharap, peningkatan prestasi olahraga Kota Pekalongan ini juga bisa diimbangi dengan pemenuhan sarana dan prasarana olahraga yang memadai, sehingga mereka bisa menggunakan sarpras tersebut untuk lebih giat berlatih dan meningkatkan prestasinya. Kami yakin ke depan olahraga Kota Pekalongan bisa semakin lebih baik lagi prestasinya. Maju dan semangat terus insan olahraga Kota Pekalongan,"tegasnya.

Ketua KONI Kota Pekalongan, Edywan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menjaring para atlet berprestasi Kota Pekalongan menuju Porprov ke-17 Tahun 2026.

"Porkot ini berlangsung mulai 6 sampai dengan 15 September 2024 di seluruh venue yang ada di wilayah Kota Pekalongan, dan khusus cabor selam dan aquatic dilaksanakan di Kabupaten Batang. Adapun peserta merupakan atlet-atlet Kota Pekalongan yang siap membela Kota Pekalongan pada saat Porprov ke-17 Tahun 2024.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut