get app
inews
Aa Read Next : Harga Gandum Dunia Meroket, Begini Saran Jitu Ekonom ke Pemerintah

6 Fakta Menarik Vladimir Putin, Sebelum Invasi Ukraina Pernah Diusulkan Dapat Nobel

Rabu, 02 Maret 2022 | 22:03 WIB
header img
Fakta Menarik Vladimir Putin

JAKARTA,iNews - Presiden Vladimir Putin tengah menjadi sorotan dunia, gara-gara kebijakannya menginvasi Ukraina. Rusia telah melakukan operasi militer hingga membuat Eropa mencekam dan dikhawatirkan bisa memicu Perang Dunia III.
Siapa sebenarnya sosok Vladimir Putin? Berikut beberapa fakta tentang pemimpin negeri beruang merah tersebut.

1. Lahir di tengah kemiskinan
Putin lahir tujuh tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, yakni pada 7 Oktober 1952. Keluarganya hidup dalam kesengsaraan. Ayahnya terluka dan cacat karena kena granat semasa perang. Sementara ibunya hampir mati kelaparan saat terjebak di Pengepungan Leningrad. Setelah perang berakhir, ayah Putin bekerja sebagai buruh pabrik dan ibunya menjadi penyapu jalanan. Mereka tinggal di apartemen komunal bersama beberapa keluarga lain, tanpa air panas dan penuh sarang tikus.

2. Pencinta hewan
Putin memiliki cinta dan kepedulian yang luar biasa terhadap hewan. Di rumahnya, dia memelihara beberapa anjing kecil dan terlibat dalam penelitian berbagai spesies hewan seperti harimau, beruang kutub, bangau, dan lumba-lumba.Putin juga memberlakukan Undang-Undang Perlindungan Hewan di Rusia. Undang-undang tersebut mencakup larangan pembunuhan hewan liar; larangan untuk memelihara hewan di dalam mal dan restoran, serta; aturan tentang perawatan yang tepat untuk hewan peliharaan.

3. Anggota KGB
Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) adalah badan pemerintahan utama di era Uni Soviet yang tugas utama anggotanya menjalankan keamanan internal, mengumpulkan intelijen, dan sebagai polisi rahasia. Selepas menyelesaikan pendidikan tingginya, Putin bergabung dengan KGB dalam posisi administratif. Selama 15 tahun berkarier di KGB, dia melakukan banyak perjalanan mengarungi Rusia dan Jerman. Putin mundur dari KGB saat Uni Soviet runtuh, kemudian memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

4. Memberikan bantuan ke AS saat Serangan 9/11
Meskipun hubungan Amerika dan Rusia nyaris tidak pernah akur, Putin tidak segan untuk mengulurkan tangan pada negara saingannya itu saat dilanda tragedi 11 September 2001. Dia menawarkan bantuan dengan mengizinkan AS menggunakan wilayah udara Rusia, di samping membantu Washington DC dalam misi pencarian dan penyelamatan. Namun, dukungan tersebut pupus saat AS berambisi untuk melenyapkan Saddam Hussein dari pentas politik Irak. Pada masa itu, Rusia, Jerman, dan Prancis tidak setuju akan rencana AS tersebut.

5. Dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian
Vladimir Putin pernah dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian pada 2014, setelah membujuk Bashar al-Assad menyerahkan senjata kimia Suriah secara damai. Tidak hanya itu, Putin juga dinominasikan lagi dalam kategori yang sama pada 2021.

 6. Praktisi bela diri
Putin adalah seorang praktisi bela diri yang tekun. Karenanya, dia pun mendapatkan gelar prestisius dari sejumlah organisasi bela diri internasional, seperti presiden kehormatan dari Federasi Judo Internasional (IJF), dan; sabuk hitam dari Federasi Taekwondo Dunia (World Taekwondo). Putin bahkan juga menulis buku tentang ilmu bela diri yang dia cintai tersebut. Buku itu berjudul “Judo: History, Theory, Practice” (Judo: Sejarah, Teori, dan Praktik).

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut