get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! BLT Sembako dan Bansos PKH Sudah Cair

Jelang Lebaran, BLT Bertebaran Hingga Rp1 Juta

Sabtu, 09 April 2022 | 07:32 WIB
header img
Jelang Lebaran, BLT Bertebaran Hingga Rp1 Juta (Foto: iNews)

JAKARTA - Program Bantuan Langsung Tunai ( BLT) minyak goreng cair senilai Rp300.000 sedangkan Banpres UMKM sebesar Rp600.000, Sehingga, jika diakumulasikan untuk pencairan BLT ini di saat yang sama, maka masyarakat bisa dapat Rp1 juta.

Bantuan Langsung Tunai ( BLT) minyak goreng diberikan agar masyarakat kurang mampu sanggup membeli minyak goreng curah dan Banpres UMKM untuk membantu masyarakat hingga pelaku usaha.

Sebelumnya, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI Abetnego Tarigan sempat menepis adanya anggapan bahwa pemberian Bantuan Langsung Tunai ( BLT) senilai Rp100.000 itu memiliki muatan politis atau kepentingan tertentu.

“Kebijakan subsidi minyak goreng curah diharapkan secara bertahap dapat menurunkan harga sesuai HET. Tapi masih ada masyarakat yang harus membeli di atas HET. Untuk itulah Bantuan Langsung Tunai ( BLT) diberikan agar masyarakat kurang mampu sanggup membeli minyak goreng curah,” ujar Abetnego dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Nantinya, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng akan dilakukan melalui PT POS Indonesia. Untuk data penerima, ujar dia, mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, yang sudah diverifikasi dan dilakukan pemadanan Nomor Induk Kependudukan.

Adapun pemerintah juga sedang menyiapkan mekanisme penyaluran Bantuan Presiden untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Banpres UMKM).

Sebagai informasi, BLT minyak goreng diberikan kepada 23 juta orang. Rinciannya, 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL).

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut